Parapat, Sumut, 8/8 (Antara) - Pemerintah Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, mempersiapkan lokasi khusus bagi para pedagang di Kota Parapat, Danau Toba, dalam upaya pembenahan kawasan tujuan wisata itu.

"Saya melihat di Parapat masih belum tertata dengan baik, khususnya para pedagang buah, karenanya Pemerintah Kabupaten akan memberikan izin sekaligus membangun tempat khusus buat mereka," kata Bupati Simalungun Jopinus Ramli Saragih di Parapat, Selasa.

Para pedagang buah akan ditempatkan di sekitar pintu masuk Pantai Bebas arah Pematangsiantar dengan tempat berdagang yang menarik supaya terlihat lebih indah.

Sementara pembenahan tempat tujuan wisata, khususnya Pantai Bebas Parapat sebagai bentuk dukungan terhadap program Presiden Joko Widodo menjadikan kawasan Danau Toba menjadi tujuan wisata unggulan.

Lahan parkir diperluas dengan cara melebarkan jalan, sehingga wisatawan yang datang ke Pantai Bebas di Parapat, bisa tenang menikmati keindahan alam Danau Toba.

"Parkiran akan kami perluas, jadi bagi mereka yang berkeluarga dan membawa balita bisa menikmati Danau Toba bisa dari dalam kendaraan masing-masing," kata Bupati.

Selain itu, guna menjaga kebersihan, Pemerintah Kabupaten Simalungun juga mempersiapkan beberapa fasilitas yang mendukung, seperti tong sampah berkapasitas besar.

Romauli Sinaga, salah seorang pedagang buah mengaku bersyukur telah mendapat perhatian dari Bupati Simalungun yang mau memberikan tempat buat berdagang buah.


"Selama ini belum ada tempat permanen yang layak buat kami untuk berdagang, sehingga kami memanfaatkan trotoar," kata ibu tiga anak itu. ***1***


(T.KR-WRS/B/I023/I023) 08-08-2017 15:52:30

Pewarta: Waristo

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017