Samosir, 23/7 (Antara) - Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Sumatera Utara, H Baharuddin Siagian, Sabtu, menutup kejuaraan internasional Piala Gubsu yang diselenggarakan di Kabupaten Samosir 20-22 Juli 2017.
     
Kejuaraan itu memperlombakan lomba solu bolon (dragon boat), lomba solu parsadaan, parduaan, lomba lari 5K dan 10K yang diikuti atlet lokal, provinsi, ibukota dan sejumlah mancanegara.
      
Penutupan dihadiri Bupati Samosir, Rapidin Simbolon, Wakil Bupati, Juang Sinaga, Plt Sekretaris Daerah, Jabiat Sagala, pimpinan SKPD di antaranya Kadis Kominfo, Kitman Malau, Kahumas dan Kerjasama, Rohani Bakkara, Ketua DPRD, Danramil Pangururan, Wakapolres.
     
Selain itu,, anggota DPRD Sumut, perwakilan Kodam I Bukit Barisan, Sekretaris Daerah Humbahas, Ketua Koni Samosir, Ketua Koni Humbahas, Ketua PASI Sumut, Ketua Podsi Sumut.
     
Sebelum acara penutupan, Kadispora Sumut, Bupati dan Wakil Bupati Samosir, rombongan lainnya menyaksikan putaran final dragon boat.
     
Gubsu dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kadispora Sumut, mengatakan, kejuaraan solu bolon dan lomba bertujuan untuk mencari bibit atlet Sumut, juga sebagai daya tarik pariwisata. 
     
Olahraga dan pariwisata merupakan dua disiplin yang dapat dipadukan sehingga memiliki efek dan kekuatan bagi pertumbuhan ekonomi suatu daerah. 
     
Olahraga dan pariwisata mampu menunjukkan potensi yang menarik, tidak hanya berolahraga, namun sekaligus berekreasi melihat keindahan wisata suatu daerah.
     
"Untuk itu, olahraga dan pariwisata mendapat perhatian khusus Pemerintah Provinsi Sumatera Utara untuk pengembangan kedepannya," kata Gubsu.
     
Di akhir sambutannya, Gubsu mengingatkan masyarakat untuk menjauhi narkoba, menanamkan pola hidup yang sehat serta menjaga diri dari lingkungan pergaulan yang menyalah.
     
Para atlet dipesankan untuk menyibukkan diri dengan berlatih dan bertanding, sehingga tertanam dalam sanubari untuk menjauhi narkoba dan berani berkata "No to Drugs".
      
Bupati Samosir sangat mengapresiasi seluruh rangkaian kegiatan kejuaraan Piala Gubsu yang berjalan dengan baik, sukses dan meriah yang disambut antusias masyarakat.
     
Bupati berharap kepada Pemerintah Provinsi Sumut agar event-event yang dapat menambah daya tarik pariwisata Danau Toba dilaksanakan di Kabupaten Samosir.

Pewarta: Waristo

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017