Samosir, 22/7 (Antarasumut) - Peserta lomba lari 10K dan 5K Piala Gubernur Sumatera Utara yang dilaksanakan di Kabupaten Samosir "Negeri Indah, Kepingan Surga" digelar Sabtu di Pangururan.
      Lomba lari 10K dilepas oleh Bupati Kabupaten Samosir, Rapidin Simbolon, sedangkan lomba lari 5K oleh Anggota DPRD Sumut, H Ikrimah Hamidy.
     Bupati mengucapkan selamat datang bagi peserta dari luar daerah dan selamat bertanding dengan menjunjung tinggi nilai sportifitas dan persahabatan.
     Kegiatan olahraga yang dilaksanakan di kawasan tujuan wisata Nasional, Danau Toba seperti yang dicanangkan Presiden Joko Widodo, terkhusus di Kabupaten Samosir kiranya dapat menjadi promosi ke masyarakat luas.
      "Kiranya kegiatan ini dapat berkelanjutan dan dilaksanakan di Kabupaten Samosir," harap Bupati.
     Pelepasan itu disaksikan Gubernur Sumut diwakili Kadis Pemuda dan Olahraga, H Baharudin Siagian, Wakil Bupati Samosir, Juang Sinaga, Ketua DPRD Samosir, Danramil Pangururan, Wakapolres Samosir, Plt Sekdakab Samosir, para pimpinan SKPD, Ketua Koni Samosir.
     H Baharuddin mengatakan, Piala Gubsu diadakan untuk dua perlomabaan, yakni lari dari dua kategori dengan ribuan peserta dan solu bolon atau perahu naga diikuti 25 tim dari dalam dan luar negeri.
     Solu Bolon menyediakan hadiah total Rp 117 juta lebih dengan memperlombakan Solu Bolon dengan jarak tempuh 1 km, Solu Parsadaan dan Solu Parduaan dengan jarak tempuh 500m.
     "Olahraga kini tak bisa lepas dari yang namanya pariwisata. Oleh karenanya, dua aspek itu diminta berjalan beriringan sekaligus berkembang bersama-sama," kata H Baharuddin.
      Dia berharap event ini dapat memberikan motivasi kepada atlet-atler daerah untuk meningkatkan prestasi, sekaligus memperkenalkan kekayaan alam dan objek wisata unggulan di Danau Toba.

Pewarta: Antrel

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017