Tapanuli Selatan,20/7(Antarasumut)-Kehadiran PLTA Simarboru (Sipirok-Marancar dan Batangtoru) di Tapanuli Selatan akan menjawab krisis listrik utamanya di Sumatera Utara.

Ungkap Sekda Tapanuli Selatan Parulian Nasution saat sambutan Halalbihalal insan Pers dan Pegiat Lingkungan digelar PT.North Sumatera Hydro Energy, di Aula Hotel Mega Permata, Padangsidimpuan, Kamis.

PLTA Simarboru membangun sumber energi listrik berkapasitas berkapasitas 510 Mega Watt sejalan mendukung program strategis nasional dalam energi baru terbarukan sebesar 35 ribu MW.

"Oleh karenanya keberadaan PLTA Simarboru yang dikerjakan PT NSHE bernilai investasi mencapai lebih kurang Rp 20 triliyun sangat penting menjawab membutuhi krisis energi listrik Sumut,"sebutnmyam

Dia utarakan sampai saat ini ada 420 ribu rumah tangga di Sumut belum dapat menilkmati listrik, demikian sejumlah industri juga masih membutuhkan energy listrik tersebut.

"Harapan kita dengan selesainya PLTA Simarboru lima tahun kedepan sesuai rencana PT NSHE bisa menjawab dan bermanfaat bagi masyarakat luas Sumut,"katanya.

Sisi lain keuntungan kehadiran PLTA Simarboru akan ada daya serap tenaga kerja, pertumbuhan ekonomi kerakyatan dan juga adanya peningkatan Pendapatan Asli Daerah melalui PAD.

"Terus terang setelah terbitnya sertifikat seluas sekitar 600 hektare untuk kebutuhan PLTA maka sejak itu pendapatan untuk daerah dan peningkatan pembangunan daerah tersebut sudah mulai mengalir,"terangnya.

Pemkab Tapanuli Selatan tambah Sekda Parulian Nasution berharap melalui halalabihalal dapat meningkatkan hubungan insan pers dan pegiat lingkungan dalam percepatan pembangunan PLTA Simarboru tersebut.

Sementara Pihak PLTA NSHE Agus Supriyono dalam sambutannya tujuan meningkatkan silaturrahim dan juga persaudaraan antar sesama termasuk insa pers dan pengiat lingkungan.

"Tapi yang jelasnya pembangunan PLTA berkomitmen untuk kemaslahatan masyarakat baik diwilayah Sumut dan Indonesia, dan berharap dapat didukung penuh stakeholder termasuk masyarakat Tapsel utamanya,"kata Agus.

Untuk mengambil khidmat dalam acara itu Al-Ustadz Arif Siregar juga memberikan siraman rohani bagi semua yang hadir.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017