Tapanuli Selatan,4/7(Antarasumut)- Masyarakat yang berada di Desa Dolok Sordang, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan berterimakasih kepada Pemerintah setempat.

"Itu sebagai bentuk apresiasi warga," kata Kepala Desa Dolok Sordang Taris Siregar lewat telepon pintarnya kepada Antara, di Tapanuli Selatan, Selasa.

Dia mengatakan masyarakat Dolok Sordang dan sekitarnya pantas bersyukur badan jalan sepanjang sekitar 20 meter yang amblas disebabkan gerusan air pada H+3 Lebaran 2017 sudah diperbaiki.

"Sekarang arus tranpostasi dari dan ke Dolok Sordang sudah kembali seperti semula jenis kendaraan seperti Colt Diesel juga sudah bisa melintas,"terangnya.

Menurut dia perbaikan badan jalan amblas dengan cara menimbun badan jalan dengan tanah secara manual oleh pihak pemerintah kecamatan dibantu masyarakat sekitar yang jumlahnya lebih 20 orang.

"Patok-patok kayu panjang sebelah jurang berkedalaman ratusan meter disisi kanan tebing badan jalan dipasang diikat dan dipaku rapat selanjutnya ditimbuni material tanah dan sejumlah bebatuan hingga padat,"sebutnya.

Sebelumnya badan jalan berada di titik sekitar dua kilometer arah dari Simpang Saba Tarutung Desa Batangtura menuju Desa Barnak Koling menuju Dolok Sordang mengalami amblas yang pada saat kejadian wilayah itu dilanda hujan.

Hujan lebat seharian hingga malam telah menggerus sebagian tanah badan jalan sepanjang 20 meter lebar 4 meter di wilayah tersebut.

Bahkan lima meter dari sekitar 20 meter panjang badan jalan amblas kedalamannya mencapai lebih kurang 4 meter. Sehingga mengganggu kelancaran arus tranportasi antar desa tersebut.

Menurut Taris ruas jalan tersebut vital bagi masyarakat dalam memperlancar arus transportasi warga termasuk sarana mengangkut hasil-hasil bumi di daerah itu.

Lebih jauh atasnama warga Kepala Desa Taris juga tidak lupa mengucapkan terimakasih atas tingginya atensi Bupati Tapanuli Selatan H.Syahrul M.Pasaribu SH.

"Perbaikan sementara badan jalan amblas itu tidak lepas dari perhatian Bupati Syahrul,"pungkasnya.

Pewarta: Kodir Pohon

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017