Tapanuli Selatan,13/6(Antarasumut)- Dalam rangka menyambut dan memeriahkan Bulan Suci Ramadhan 1438 Hijriah, PT Agincourt Resources, sebagai pengelola Tambang Emas Martabe menggelar acara Gema Ramadhan 2017.

Gema ramadhan tersebut meliputi kegiatan keagamaan keislaman yang bersifat edukatif bagi para remaja serta masyarakat di Kecamatan Batangtoru dan Kecamatan Muara Batangtoru, Kabupaten Tapanuli Selatan, Provinsi Sumatera Utara.


Kegiatan keagamaan yang dipusatkan di Kantor Kecamatan Batangtoru mulai dari tanggal 5-17 Juni 2017 melibatkan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Batangtoru dan Lembaga Konsultasi Masyarakat Martabe (LKMM) serta tokoh masyarakat dan tokoh agama setempat. 

Rangkaian acaranya Madrasah Ramadhan atau pesantren kilat bagi remaja di mana para remaja selama empat hari mendapatkan pelatihan cara melaksanakan fardhu kifayah atau pelatihan mengurus jenazah menurut tata cara Islam serta pelatihan memberikan Khotbah Jumat.


Pesertanya remaja berasal dari sekitar 15 desa lingkar tambang dengan jumlah total 110 peserta. 

Kegiatan lainnya Lomba MTQ tingkat remaja, Lomba Hafalan Alquran tingkat anak-anak dan remaja, Lomba Pidato Dai Chilik, serta Lomba Adzan.


Total peserta yang terlibat langsung dikegiatan tersebut mencapai 369 peserta dengan melibatkan pelatih remaja putra dan putri dari 32 desa dua kecamatan. 

Diacara puncak 17 Juni mendatang seluruh pemenang lomba akan diberi hadiah dan penghargaan.


Manajer Senior Hubungan dan Pengembangan Masyarakat PT Agincourt Resources, Pramana Triwahjudi dalam siaran persnya, Selasa, menyatakan program Gema Ramadhan 2017 ini digelar dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan dengan kegiatan yang bersifat edukatif. 

"Harapannya dengan mengikuti kegiatan akan dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman para remaja serta masyarakat khususnya yang berada di lingkar tambang dalam mempraktekkan ajaran islam,"katanya.



Sementara itu Ketua MUI Batangtoru, 

Bachtiar Siregar mengucapkan banyak terima kasih dan menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada PT Agincourt Resources karena sudah membantu terselenggaranya kegiatan ini di mana merupakan salah satu program dari pada MUI.“Khususnya dalam hal membina generasi muda dalam peningkatan kualitas keislaman,” kata Bachtiar.


Senada dengan Ketua MUI, Camat Batangtoru Yamin Batubara juga mengapresiasi dukungan PT Agincourt Resources untuk program Gema Ramadhan 2017 ini sebagai bentuk program Corporate Soscial Responsibility (CSR) di Kecamatan Batangtoru dan Muara Batangtoru.



Yamin berharap PT.AR terus berkomitmen untuk memberikan perhatian kepada masyarakat di Batangtoru. 

Bagi Tambang Emas Martabe kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan dalam rangka meningkatkan hubungan dengan masyarakat lokal melalui serangkaian kegiatan keagamaan.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017