Tapanuli Selatan,7/6(Antarasumut)-Setelah pengalungan serban Salawat Badar sambut kehadiran Tim Safari Ramadhan Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M.Pasaribu sesaat setelah tiba di Mesjid Al-Mukhlisin Desa Benteng Huraba Dusun Purba Tua, Kecamatan Batang Angkola, Selasa (6/6).

Sama seperti kunjungan sebelumnya memasuki hari ketiga kunjungan Tim Safari Ramadhan ini juga Pemkab Tapanuli Selatan menyalurkan bantuan diserahkan langsung Bupati Syahrul M.Pasaribu.

Bantuan diserahkan sebagai bentuk wujud kepedulian Pemerintah Daerah tersebut berupa uang tunai sebesar Rp 600 ribu kepada masing-masing 18 orang  fakir miskin/jompo miskin.

Badan Amal Zakat Nasional (Baznas) memberi masing-masing Rp 500 ribu kepada 10 fakir miskin, Badan Kontak Majlis Taklim (BKMT) masing-masing Rp 100 ribu untuk 10 orang jompo anggotanya, Lembaga Pemberdayaan Perempuan Lanjut Usia (LPPU) memberikan paket sembilan bahan pokok kepada delapan orang lanjut usia.

Usai berbuka puasa dilanjutkan solat magrib dan isa serta tarawih bersama Bupati dan rombongan bersama masyarakat di Mesjid Al-Muklishin yang mendapat biaya bantuan pembangunan sebesar Rp 10 juta diterima Emil Salim bersama nazir Mesjid Awaluddin Harahap. Sekaligus penyerahan sebanyak 555 buah buku berbagai judul beserta satu rak buku dari Dinas Perpustakaan dan Arsip disumbangkan untuk perpustakaan desa.

Bupati Syahrul mengungkapkan tidak terasa kegiatan Safari Ramadhan sudah dia pimpin langsung sejak 7 tahun kebelakang sejak dirinya diberi amanah masyarakat 'membidani' Tapanuli Selatan sejak periode pertama Agustus 2010 silam.

Paling tidak katanya ada beberapa makna dari kegiatan ini diantaranya menyemarakkan dan mengisi bulan Ramadhan dengan menjalin ukhuwah Islamiyah dan menjalin kekompakan.

Kemudian yang tak kalah pentingnya lagi obsesi dirinya bertemu langsung masyarakatnya dalam rangka sinkronisasi pembangunan berbagai sektor yang ada di setiap desa/kelurahan dan kecamatan di daerah itu.

"Mari tetap kita menjaga dan bahkan meningkatkan kekompakan dan kebersamaan diantara kita untuk mewujudkan  akselerasi pembangunan Tapanuli Selatan,"ajaknya.

Menjaga kebhinekaan, menghargai antar ummat beragama mengingat kemajemukan daerah diikat dengan adat istiadat 'dalihan natolu' serta menjaga kearifan lokal tidak luput pesan-pesan moral yang disampaikan Bupati.

Sementara Al-Ustadz H.Ali Nasir Lubis dalam siraman rohaninya mengajak para jamaah  untuk mengisi Ramadhan dengan Tingkatkan Kebersamaan (TK) segala bidang; Sejukkan Dada (SD); Sama-sama Memelihara Perasaan (SMP); Sama-sama Memiliki Usulan (SMU); Sama-sama Memiliki Kasih sayang (SMK); dan meningkatkan Ilmu Amal Iman dan Niat (IAIN) dengan berdasar taqwa kepada Allah SWT.

Turut dalam rombongan Tim Safari Ramadhan bersama Bupati Syahrul M.Pasaribu Wakil Bupati Tapanuli Selatan Aswin Efendi Siregar, Kapolres Tapsel AKBP Mhd Iqbal Harahap dan Wakapolres Tapsel, Dandim 0212/TS Letkol Inf Arm Azhari, unsur DPRD Tapsel Husin Dalimunthe, Sekda Tapsel Parulian Nasution.

Kemudian Kakan Kemenag Saripuddin Siregar, Ketua MUI, PKK Tapsel, KONI, Baznas, Forum Ponpes, pimpinan SKPD, Kabag, Camat, Tokoh Agama, Muslimat Aisyiah, Kades lingkungan Kabupaten Tapanuli Selatan.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017