Pandan, 3/6 (Antarasumut)-Ada kabar gembira bagi masyarakat Sumatera Utara, dimana tahun depan, Sumatera Utara menjadi tuan rumah Inacraft ajang pameran kerajinan dan produk kreatif internasional.

Menurut ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sumatera Utara, Ny Hj. Evi Diana Erry Nuradi, yang dikonfirmasi kemarin di Pandan, menjelaskan, bahwa Sumatera Utara telah menunggu 20 tahun lamanya, baru mendapat kesempatan untuk menjadi tuah rumah Inacraft yang pertama kalinya.

“Ini sebuah kesempatan yang berharga bagi Sumatera Utara setelah 20 tahun ditunggu-tunggu. Dan ini baru pertama kali Sumut menjadi tuan rumah. Untuk itulah, Dekranasda Sumut akan melibatkan semua pengrajin yang ada di 33 Kabupaten/kota yang ada di Provinsi Sumatera Utara. Karena pada dasarnya, Sumut kaya akan kerajinan dan produk kreatif yang pantas untuk dibanggakan,”katanya.

Ia menjelaskan, ajang tersebut akan dilaksanakan bulan April tahun 2018 di Jakarta. Untuk itulah, isteri dari Tengku Erry Nuradi ini mengajak semua Dekranasda yang ada di Sumut mulai sekarang menentukan produk apa yang akan dipamerkan nanti di Jakarta. Karena masing-masing Kabupaten/kota memiliki stand.

“Salah satu contoh, seperti Kabupaten Tapanuli Tengah, unggulannya adalah sulam emasnya, Taput tenun ulos dan songket. Demikian juga nanti daerah lain akan membawa unggulan kreatif daerahnya masing-masing. Untuk itu mari kita dukung kegiatan bergengsi ini,”ajaknya.

Ditanya tentang kondisi para perajin yang ada di Sumut? Menurut mantan anggota DPRD Sumut ini mengatakan, bahwa kondisinya semakin meningkat dari sebelum-sebelumnya. Itu terlihat dari modivikasi tenunannya dan juga motif-motifnya tidak monoton lagi. Salah satu produk unggulan dari Sumut yang sudah go internasional adalah tenun ulos dan songket dari Tapanuli Utara.

“Saya berpesan kepada para pengrajin yang ada di Sumatera Utara, agar terus meningkatkan kwalitas karyanya dan juga modivikasinya. Dan pada ajang pameran Inacraft nanti, kita bisa memberikan yang terbaik dari daerah-daerah lainnya,”ajaknya.

Untuk diketahui, dua tahun yang lalu yang menjadi tuan rumah Inacraft dari Provinsi Sumatera Barat. Dan tahun 2017 ini dari Yogyakarta.

Pewarta: Jason

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017