Pandan, 26/5 (Antarasumut)- Satu hari menejelang bulan puasa, harga daging kerbau di Pasar Pandan tembus angka Rp150ribu per kilo gramnya. Akibat mahalnya harga daging tersebut, warga beralih kedaging ayam.

Menurut keterangan salah seorang pedagang ayam potong di Pasar Pandan, bahwa harga daging ayam mengalami kenaikan sejak dua minggu terakhir, dari Rp22ribu menjadi Rp25ribu.

“Sudah sejak dua minggu yang lalu harga ayam potong naik. Walaupun demikian masyarakat masih memilih daging ayam dari pada daging kerbau. Dan untuk pagi ini kami sudah menjual 150kg daging ayam,”kata Rahmad, (32), pedagang ayam potong di Pandan yang ditanyai ANTARA, Jumat siang.

Ditanya tentang keberadaan stok ayam, Ia mengaku cukup untuk beberapa minggu. Karena mereka menggunakan sistim order langusung dari Tanjung Morawa.

Sementara itu untuk harga daging kerbau di Pandan mencapai harga Rp150ribu/kilonya. Untuk tulang Rp75ribu. Menurut Harahap penjual daging kerbau di Pandan, harga tersebut mengalami kenaikan dari Rp120ribu.

“Memang harga kerbaunya sudah mahal kita beli dari masyarakat. Terpaksalah kita naikkan juga, supaya ada untung. Makanya kami hanya memotong 1 ekor saja, itupun sulit terjual,”ujarnya.

Sementara itu menurut pengakuan para masyarakat yang datang belanja ke Pasar Pandan, mereka lebih memilih daging ayam, karena harganya masih terjangkau.

Pewarta: Jason

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017