Padangsidimpuan, 23/5 (Antarasumut)- Pemerintah Kota Padangsidimpuan canangkan kampung KB setiap kecamatan di Kota Padangsidimpuan.sebagai salahsatu upaya mensukseskan program nasional tersebut.

Kepala Dinas Pengendalian dan Keluarga Berencana Kota Padangsidimpuan Khairul Alamsyah, melalui Kabid Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Viena Merlya Dewi, mengatakan, Selasa, pihaknya telah mencanangkan kampung KB setiap kecamatan.

Berdasarkan arahan presiden, agar memanfaatkan Program KB dapat lebih dirasakan secara langsung oleh masyarakat terutama yang berada di wilayah miskin, padat penduduk ,tertinggal, terpencil dan wilayah nelayan diseluruh tanah air.

Ia juga menambahkan, pelaksanaan program KB lebih fokus kepada masyarakat kurang mampu dan masyarakat yang tidak memiliki akses terhadap fasilitas kesehatan di setiap desa dan kecamatan se Kota Padangsidimpuan.

Lokasi desa dan kelurahan yang menjadi titik kampung KB se kecamatan di Kota Padangsidimpuan berdasarkan faktor, kesadaran warga untuk mengikuti program KB masih rendah, kemudian belum terbentuknya kelompok pembina dan masih ada sanitasi yang tidak memadai serta memadai serta rumah yang tidak layak huni, sehingga penguatan kampung KB di Kota Padangsidimpuan lebih kuat karena masyarakat juga terlibat dalam kegiatan tersebut.

Berdasarkan surat edaran nomor: 440/842 tanggal 3 Januari 2016, diusul dengan surat Gubernur Sumatera Utara nomor 440/842 tanggal 3 Januari 2017 tentang pencanangan dan pembentukan kampung KB di tiap-tiap kecamatan.

Pewarta: Khairul Arief

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017