Medan, 15/5 (Antara) - BPJS Kesehatan memperluas kanal pendaftaran kepesertaan melalui telepon atau Care Center 1500-400 untuk mempermudah masyarakat mendaftar dan termasuk konsultasi dengan dokter.

"Layanan itu yang dimulai secara nasional per 1 Maret dan sebagian kantor cabang lain di Indonesia per 1 Juli tersebut bertujuan untuk semakin memudahkan masyarakat yang tidak sempat mendaftar atau malas ikut antri di Kantor BPJS Kesehatan,"ujar Kanit Kepesertaan BPJS Medan, Supriyanto Syahputra di Medan, Senin.

Layanan Care Center yang juga bisa digunakan untuk banyak fungsi seperti konsultasi langsung dengan dokter umum itu sejalan dengan program BPJS Kesehatan untuk terus meningkatkan pelayanan.

Seperti pendaftaran langsung, calon peserta yang akan menggunakan layanan Care Center itu harus menyiapkan nomor kartu keluarga, nomor induk kependudukan, nomor rekening tabungan, dan data.lainnya yang diperlukan untuk kepentingan mendaftar.

Dia mengakui,  dari 127 kantor cabang BPJS Kesehatan di Indonesia baru 25 kantor cabang termasuk Medan yang menggunakan sistem  layanan pendaftaran melalui telepon.mulai 1 Maret.

Sementara selebihnya akan diberlakukan mulai 1 Juli 2017.

"Dengan adanya kemudahan pendaftaran kepesertaan, diharapkan  jumlah peserta semakin banyak," katanya.

Layanan pendaftaran melalui telepon itu diyakini akan berlangsung lancar karena dilakukan pihak ketiga mitra BPJS Kesehatan yang terpercaya.

Oleh karena dilakukan pihak ketiga, layanan pendaftaran melalui telepon itu tidak menambah sumber daya manusia BPJS Kesehatan.

Adapun untuk kepentingan pengantaran kartu BPJS Kesehatan yang sudah selesai, BPJS  telah melakukan kerja sama dengan  kantor pos.

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017