Medan, 9/5 (Antarasumut) - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara berencana ikut berpartisipasi pada acara Festival Indonesia atau Trade, Tourism Invesment di Moskow, Rusia pada 4-6 Agustus 2017.

"Pemprov Sumut akan memanfaatkan festival itu untuk mempererat hubungan kerja sama dan mempromosikan berbagai potensi Sumut agar investor tertarik berinvestasi,"ujar Gubernur Sumut HT Erry Nuradi di Medan, Senin.

Dia mengatakan itu saat menerima Wakil Duta Besar RI untuk Rusia dan Belarus Lasro Simbolon dan sejumlah pengusaha asal negara itu.

Menurut dia, ajakan untuk berpartisipasi pada TTI di Moskow, Rusia itu sangat diapresiasi, mengingat Pemprov Sumut juga sedang gencar melakukan promosi untuk menarik investasi.

"Pemprov Sumut siap memberikan kemudahan kepada investor Rusia khususnya asal Republik Belarus yang pengusahanya mengaku tertarik untuk berinvestasi di berbagai sektor,"kata Erry.

Erry menegaskan, dengan potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia yang memadai serta letak geografis Sumut yang jaraknya berdekatan dengan beberapa negara tetangga, Sumut sangat bagus menjadi tempat investasi.

"Pemprov Sumut siap memberikan kemudahan untuk investor yang mau berinvestasi di Sumut," katanya.

Lasro Simbolon menyebutkan, kedatangan pengusaha asal Belarus dan Moskow, bukan hanya untuk mengajak Pemprov Sumut ikut dalam TTI, tetapi juga membawa pengusaha asal negara itu untuk melihat langsung potensi Sumut.

"Pemerintah ingin Sumut dan kabupaten/kota, mempromosikan daerahnya di TTI pada Agustus mendatang."katanya.

Dia menjelaskan, tahun 2016, TTI diikuti 400 delegasi dari Indonesia dan dihadiri 68.000 pengunjung.

"KBRI (Kedutaan Besar Republik Indonesia) untuk Rusia kembali ingin mendulang kesuksesan di tahun 2016, bahkan bisa lebih hebat,"ujarnya.

Lasro menyebutkan, setiap tahun sekitar 90.000 turis asal Rusia dan negara sekitarnya berkunjung ke Indonesia. 

Tetapi sayangnya, para wisatawan itu lebih cenderung ke Bali dan Lombok. 

"Pemprov Sumut sudah seharusnya bisa menarik turis dari Rusia lebih banyak ke Danau Toba, Bahorok atau Berastagi. Momentum pembukaan penerbangan langsung Garuda Indonesia ke Rusia, Agustis harus dimanfaatkan,"ujar Lasro Simbolon. 

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017