Rantauprapat, 12/4 (Antarasumut) - Dinas Pendidikan Labuhanbatu dan Kodim 0209LB menandatangani kesepakatan (MoU) tuntas buta aksara dan wajib belajar 12 tahun didaerah.

Penananda tanganan MoU dilakukan Bupati Labuhanbatu Pangonal Harahap diwakili Kadis Pendidikan Labuhanbatu Sarimpunan Ritonga dan Dandim 0209/LB Letkol Inf Czi Denden Sumarlin di wakili Kasdim Mayor Inf Ertico Cholifa di Ballroom Permata Land Hotel-Rantauprapat, Rabu sore.

Pada kesempatan itu Kadis Pendidikan Labuhanbatu Sarimpunan Ritonga menyampaikan betapa pentingnya pendidikan keaksaraan dan kesetaraan bagi masyarakat khususnya di desa-desa.

Menurutnya, pendidikan itu untuk menambah pengetahuan masyarakat agar lebih maju. "Pendidikan keaksaaran dan kesetaran sangat penting bagi masyarakat saat ini," katanya.

Dari catatan Badan Pusat Statistik, Angka Melek Huruf di Labuhanbatu masih ditemukan warga yang buta aksara. Namun tidak buta angka, hal ini tentu saja tidak seimbang dengan kemajuan pendidikan dan kehidupan saat ini.

Dia menjelaskan, untuk wajib belajar 12 tahun yang diprogramkan pemerintah. Pemkab Labuhanbatu telah menyiapkan sekolah-sekolah yang dapat menampung kesetaraan pendidikan bagi masyarakat maupun warga yang ingin ketertingalan pendidkan, yakni paket A, B dan C.


Dengan melibatkan para Lurah, Kepala Desa dan Babinsa sejajaran Kodim 0209/LB dapat mencegah buta aksara dan wajib belajar 12 tahun di Labuhanbatu, karena mereka terjun langsung dan mengetahui situasi Desa


Unsur ini jika bekerjasama, ujar Sarimpunan, dalam pemetaan, indentifikasi dan pendataan masyarakat diyakini hasilnya akan lebih maksimal, ketimbang yang selama ini hanya melalui sektor dinas pendidikan.


Dia berharap, dengan adanya Sosialisasi Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan dapat menuntaskan masalah pendidikan di daerah yakni desa.


"Keterlibatan Lurah, Kades dan Babinsa se-jajaran Kodim 0209/LB kodim agar masyarakat atau diakar rumput dapat tersentuh langsung. Itulah kerjasama penting yang diharapkan," katanya.


Dandim 0209/LB Letkol Czi Denden Sumarlin menyambut baik dan siap mendukung program pembangunan Pemda Kab Labuhanbatu bidang Pendidikan khususnya tuntas keaksaraan dan wajib belajar 12 tahun bagi warga masyarakat ini. 


Hal ini sejalan dgn yg diamanatkan oleh Undang-Undang TNI tentang tugas selain perang yakni  salah satunya tugas perbantuan kepada Pemda di bidang pembangunan daerah. 


Sehingga pada kegiatan ini merupakan momentum yang langka dan tepat untuk bersinergi guna mendukung percepatan pembangunan pendidikan dasar dan lanjutan di wilayah Labuhanbatu.

Pewarta: Kurnia Hamdani

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017