Kotapinang, 16/3 (Antarasumut) - Sejumlah Anggota DPRD Labusel menilai truk pengangkut kayu gelondongan yang melintas di Jalinsum dari Kab. Labusel menuju Kab. Tobasa layak ditertibkan karena banyak permasalahan timbul akibat beroperasinya truk tersebut.

Wakil Ketua Komisi C DPRD Kab. Labusel, Ramot Marbun di Kotapinang, Rabu mengatakan, bukan hanya menyebabkan kerusakan jalan, truk pengangkut kayu jenis akasia itu juga kerap menimbulkan kemacetan lalu lintas.

Dia berharap pihak terkait dapat segera menertibkan, sehingga tidak memicu keresahan masyarakat.
"Warga khususnya pengendara resah, karena jalan sering macet akibat truk pengangkut kayu gelondongan mogok di jalan," katanya.

Anggota DPRD Edimin juga mendesak Kementerian Perhubungan, Pemprov Sumut, dan pihak terkait segera menertibkan truk-truk yang diduga mengangkut muatan tidak sesuai kapasitas semestinya itu. 

Menurutnya, jika dibiarkan kondisi Jalinsum mulai dari Kab. Labusel hingga ke Kab. Tobasa akan mengalami kerusakan parah, seperti yang terjadi pada Jalinsum di Provinsi Riau.

"Awalnya kami pantau hanya beberapa truk yang melintas setiap harinya. Namun sudah dua minggu belakangan setiap hari rata-rata puluhan truk sarat muatan kayu gelondongan melintas. Akibatnya beberapa badan jalan sudah mulai mengalami kerusakan, seperti badan jalan bergelombang dan berlubang," katanya.

Pewarta: Kurnia Hamdani

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017