Kotapinang, 16/2 (Antarasumut) - Bupati Kabupaten Labuhanbatu  SelatanWildan Aswan Tanjung memimpin upacara peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K-3) tingkat di lapangan perkebunan PT. Supra Matra Abadi (SMA) di Desa Teluk Panji, Kec. Kampungrakyat, Kamis.

Pada upacara itu, Bupati secara simbolis menyerahkan santunan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dari BPJS Ketenagakerjaan kepada ahli waris dua tenaga kerja yang meninggal dunia akibat kecelakaan kerja. 

Penerima JKK itu masing-masing Alm. Ardiansyah pekerja CV. Dian Perkasa yang tewas tersengat listrik pada proyek lampu jalan menerima Rp153 juta dan Alm. Sirwan pekerja PT. SKU yang meniggal dunia usai tertimpa TBS kelapa sawit ketika bekerja menerima Rp148 juta.

Wildan juga menyerahkan Jaminan Hari Tua (JHT) dari BPJS Ketenagakerjaan kepada tujuh tenaga kerja yang telah pensiun dengan jumlah total Rp177 juta lebih. Memberikan penghargaan kepada 21 perusahaan di Kab. Labusel yang berdedikasi dalam melaksanakan SMK-3 dan tidak mengalami kecelakaan kerja (zero accident).

"Pemerintah secara terus menerus meningkatkan pembangunan yang bertujuan memperluas kesempatan kerja yang pada akhirnya dapat mensejahterakan masyarakat," kata Wildan saat membacakan sambutan Menteri Ketenagakerjaan RI, M. Hanif Dhakiri.

Pemerintah telah mulai membangun dan mengembangkan tol laut, pelayaran rakyat, pembangunan sarana dan prasarana ketenaga listrikan, perumahan, sanitasi dan air bersih.

Program pembangunan tersebut harus didukung oleh sumber daya manusia yang kompeten dan setiap pelaksanaan pembangunan harus menjamin keselamatan dan kesehatan kerja. 

Berdasarkan data BPS dalam survey Angkatan Kerja Nasional bulan Agustus 2016 kata dia, jumlah penduduk yang bekerja sebanyak 118, 41 juta jiwa dan sekitar 60,24% diantaranya dengan tingkat pendidikan SD dan SMP.

"Kondisi demikian jelas menunjukkan bahwa tingkat kompetensi angkatan kerja Indonesia secara rata-rata perlu ditingkatkan. Dalam era globalisasi, khususnya dalam Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) kesiapan SDM sangat penting termasuk dalam peningkatan aspek K3," katanya.

Hadir pada acara tersebut Anggota DPRD, unsur Muspida, Sekda Zulkifli, para pimpinan SKPD, pimpinan perusahaan dan para camat. 

Kegiatan itu juga diisi dengan pelantikan Panitia Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (P2K3) tingkat perusahaan PT. SMA dan penyerahan bantuan dari perusahaan kepada tiga sekolah di lingkungan perusahaan.

Pewarta: Kurnia Hamdani

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017