Pandan, 11/1 (Antarasumut)- Harga ikan laut di pajak Pandan, Tapanuli Tengah hari ini meroket tinggi. Salah satu jenis ikan yang melambung tinggi harganya adalah, ikan gambolo (gembung). Ikan gambolo mengalami kenaikan dari Rp32 ribu/kg menjadi Rp48 ribu/ kg nya.

Selain ikan gambolo, ikan jenis buncilak juga mengalami kenaikan, dari Rp30ribu menjadi Rp 40ribu/kg. Balato kuning juga naik dari harga Rp 38ribu/kg menjadi Rp45ribu/kg nya.

Walaupun harga ikan ini mengalami kenaikan yang cukup tinggi, stok ikan tidak tersedia. Alhasil ikan sulit ditemukan di pajak.

Salah seorang pedagang ikan di pajak Pandan, ketika dimintai tanggapannya mengaku, penyebab naiknya harga ikan yang meroket itu dikarenakan faktor cuaca dan juga terang bulan.

“Memang baru kali ini paling parah kenaikan harga ikan. Mungkin itu dikarekanan musim libur tahun baru kemarin, ditambah dengan musim badai sejak tanggal 1 Januari kemarin, dan masuk musim terang bulan saat ini. Makanya kami juga kewalahan menjual ikan karena banyak pembeli yang tidak sanggup membeli, ditambah lagi persediaan terbatas,”kata Mansyur Rabu pagi di Pandan.

Naiknya harga ikan laut ini juga dikeluhkan oleh para pedagang nasi yang ada di Pandan. Dimana mereka berencana untuk menaikkan harga nasi mereka untuk dapat menutupi harganya ikan tersebut.

Pewarta: Jason

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017