Medan, 15/12 (AntaraSumut) - Komisi Pemilihan Umum Sumatera Utara menyiapkan debat kandidat yang melibatkan seluruh pasangan calon dalam pilkada serentak di Kota Tebing Tinggi dan Kabupaten Tapanuli Tengah.


"Saat ini, kita sedang fokus menyiapkan itu," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut Mulia Banurea di Medan, Kamis.


Menurut dia, KPU telah menyelesaikan penyusunan dan penetapan daftar pemilih tetap (DPT) untuk pilkada serentak di Kota Tebing Tinggi dan Kabupaten Tapanuli Tengah.


Usai penetapan DPT tersebut, KPU menyiapkan tahapan selanjutnya berupa debat kandidat yang akan diikuti seluruh pasangan calon.


Debat kandidat tersebut dimaksudkan untuk mempertajam visi dan misi seluruh pasangan calon dalam pembangunan di daerah masing-masing.


Anggota KPU Sumut Benget Silitonga mengatakan, debat kandidat hanya dilakukan dalam pilkada di Kabupaten Tapanuli Tengah yang diikuti empat pasangan calon.


Sedangkan dalam pilkada di Kota Tebing Tinggi yang hanya diikuti satu pasangan calon hanya berupa dialog dengan menghadirkan panelis.


"Semacam talkshow untuk mempertajam visi dan misi pasangan calon," katanya.


Untuk pilkada di Kabupaten Tapanuli Tengah, debat kandidat tersebut rencananya akan dilaksanakan pada Januari 2017 meski lokasinya belum ditentukan.


"Untuk pilkada Tebing Tinggi, rencananya dilaksanakan hari ini," ujar Benget.


Menurut catatan, pilkada di Kabupaten Tapanuli Tengah akan diikuti empat pasangan calon yakni pasangan Bakhtiar Ahmad Sibarani-Darwin Sitompul (BADAR), Amin Pardomuan Napitupulu-Ramses Hutagalung (AMIRA), Rantinus Simanalu-Sodikhin Lubis (PAUS), dan Buyung Sitompul-Binsar Saruksuk (BESAR).


Pasangan Amin Pardomuan Napitupulu-Ramses Hutagalung didukung oleh Partai Golkar, PDI Perjuangan, PAN, Demokrat dan Partai NasDem.


Pasangan Bakhtiar Ahmad Sibarani-Darwin Sitompul didukung Partai Hanura, PKS, PPP, dan PBB.


Adapun pasangan Rantinus Simanalu-Sodikhin Lubis dan pasangan Buyung Sitompul-Binsar Saruksuk mencalonkan diri dari jalur perseorangan.


Sedangkan pilkada di Kota Tebing Tinggi hanya diikuti satu pasangan yakni pasangan Umar Zunaidi Hasibuan-Oki Doni Siregar yang merupakan calon petahana dan didukung sembilan parpol yakni Partai Demokrat, Partai Gerindra, Partai Nasdem, Partai Hanura, PKB, Partai Golkar, PPP, PKPI, dan PDI Perjuangan. 

Pewarta: Irwan Arfa

Editor : Tengku Amri


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016