Sipirok,2/12(Antarasumut)-BUMD Kabupaten Tapanuli Selatan tengah siap memfasilitasi hasil-hasil produksi petani kepada pihak ketiga baik dalam maupun ke luar daerah tersebut.

Sebagaimana diutarakan Dirut BUMD Tapanuli Selatan Hamdan Nasution saat hadir ditengah-tengah serah terima mesin pengolahan gula semut (Brown Sugar), di Aula Kantor Camat, Kecamatan Arse, Tapsel, Kamis.

Keterpanggilan BUMD setelah 'iba' melihat kondisi kelompok tani kewalahan dalam hal pemasaran produksi mereka seperti gula semut dari Arse tersebut.

"Kita sudah bangun komunikasi intensif dengan pihak ketiga di dalam dan luar daerah (pulau) Sumatera," katanya.

Kedepan, dengan  terbangunnya hubungan sinergitas dengan pihak ketiga diharap tidak ada lagi kendala bagi petani untuk memproduksi gula semut sebanyak-banyaknya.

Upaya yang dilakukan itu kata Hamdan tidak lepas dari visi misi Bupati Tapsel Syahrul M.Pasaribu menjadikan masyarakat daerah yang sehat, cerdas dan sejahtera.

Lebih jauh bantuan yang diserahkan pihak Fakultas Teknik USU Medan bersama Pemerintah Daerah Tapsel dan Fakultas Pertanian UGN Padangsidimpuan tersebut semata pengabdian pada masyarakat.

Menurut mereka pengembangan potensi gula aren di Tapanuli Selatan sebagai upaya pemberdayaan dan peningkatan pendapatan masyarakat.

Sementara Netti Herlina Siregar, ketua Iptek Bagi Wilayah (IbW) dari USU dikesempatan itu menambahkan penyerahan mesin pengolahan gula semut bersamaan bibit aren hasil budidaya kelompk IbW (USU-UGN dan Pemda Tapsel), ditambah pupuk tablet untuk para kelompok tani aren binaan IbW di Arse, dan seribuan bibit aren pembibitan UGN.

Hadir dalam pemberian bantuan tersebut Syafiruddin dari UGN Padangsidimpuan yang seremoni diserahkan IbW kepada ketua kelompok tani Arse Nauli, Fahmi Simatupang.

Adapun jenis mesin pengolahan gula semut mulai dari dandang ukuran 200 liter, alat kristalisasi 20 Kg plus penggerak elektromotor 3 HP, satu unit penggilangan gula aren FFC 23, satu alat pengayak elektromotor,  dua unit kompor dan tabung gas 12 Kg.

IbW sebenarnya sudah melakukan kerjasama pengembangan aren di Arse sejak Tahun 2014, sejak itu sudah lebih seribuan bibit aren mereka tanam bersama kelompok tani di wilayah tersebut.

Kemudian di Tahun 2016 IbW meningkatkan fasilitas dengan pemberian bantuan dalam rangka meningkatkan produksi gula aren para kelompok tani tersebut.

Dan, kehadiran BUMD hanya membantu membuka peluang bisnis agar bagaimana produksi kelompok tani aren dibawah binaan IbW tersebut lebih meningkat lagi.  

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016