Medan, 10/11 (Antara) - Dinas Koperasi dan UMKM Kota Medan memperkenalkan berbagai produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) terutama batik khas Medan kepada masyarakat di Kuching, Serawak, Malaysia.

Kepala Seksi Promosi Dinas Koperasi dan UMKM Kota Medan Anita di Medan, Kamis mengatakan baru-baru ini pihaknya menggelar pameran dan bazar di Kuching atas undangan Konjen Indonesia untuk Serawak Malaysia.

Dalam acara tersebut, pihaknya membawa berbagai produk unggulan hasil karya pelaku UMKM Kota Medan diantaranya

hasil tenunan dan batik khas, berbagai olahan dari bahan dasar kulit seperti sepatu, tas, dompet dan berbagai aksesoris.

"Yang paling utama kita memperkenalkan batik khas Medan kepada masyarakat disana. Kita juga membawa pakaian hasil rancangan Ibu Wali Kota Medan Rita Maharani yang berbahan dasar batik Medan," katanya.

Selama pameran, lanjut dia, masyarakat cukup antusias melihat berbagai produk yang mereka pamerkan, termasuk menyaksikan demo membatik khas Medan tersebut dan lukisan dari bahan dasar serbuk teh.


"Masyarakat disana sangat antusias. Mereka juga mengagumi batik khas Medan dan pakaian rancangan ibu wali kota," katanya.


Pada bagian lain ia mengatakan pihaknya memang terus berusaha mendorong kemajuan UMKM kota itu, selain menggelar pameran dan bazar, berbagai pelatihan juga diberikan sehingga pelaku UMKM dapat terus menghasilkan produk yang berkualitas dan mampu bersaing.


Bahkan pihaknya juga telah memberikan pelatihan kepada pelaku UMKM yang ada bagimana memasarkan produk melalui internet sehingga jaringan pemasaran bisa lebih luas.


"Di era MEA ini, kita memang harus siap bersaing. Untuk itu pelaku UMKM harus terus berinovasi menghasilkan karya-karya yang berkualitas dan disukai masyarakat," katanya.***3***








(T.KR-JRD/B/M019/M019) 10-11-2016 13:33:41

Pewarta: juraidi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016