Medan, 1/11 (Antarasumut) - Bank Indonesia (BI) membangun klinik Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Medan sebagai langkah untuk meningkatkan daya saing pelaku usaha di sektor ini.

Kepala Kantor Perwakilan BI Sumut Difi A Johansyah mengatakan, klinik UMKM tersebut akan digunakan sebagai pusat latihan dan pengembangan usaha bagi para pelaku UMKM yang baru merintis atau bahkan yang ingin mengembangkan usahanya lebih besar. 

"Para pelaku UMKM ini akan dibimbing dan dilatih oleh pelatih yang tersertifikasi," katanya di sela-sela acara peluncuran Klinik UMKM di Kantor Perwakilan BI Sumut.

Klinik atau pusat latihan tersebut nantinya akan digunakan sebagai tempat bertemunya para pelatih yang juga merupakan pelaku UMKM yang telah sukses dengan palaku usaha baru. 

Ada juga beberapa informasi penting tentang UMKM yang bisa diakses melalui fasilitas ini.

Klinik ini sendiri telah digagas sejak dua tahun terakhir, namun baru terwujud saat ini karena berbagai hal yang harus dipersiapkan dengan matang. Selain dalam bentuk fisik, pelaku UMKM juga bisa mengakses website klinik UMKM yang juga telah dirilis.

Pewarta: Rel

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016