Bukittinggi, 7/11 (Antara) - Darma Wanita Persatuan (DWP) Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut), mengunjungi Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar), untuk mempelajari progam pembinaan bagi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di daerah itu.

Ketua DWP Medan, Suti Syaiful Bahri di Bukittinggi, Senin, mengatakan dipilihnya Bukittinggi sebagai tujuan kunjungan karena pihaknya menilai produk UMKM yang dihasilkan daerah itu cukup beragam.

"Medan saat ini sedang dikembangkan menjadi daerah ekowisata. Di samping menyiapkan sarana prasarana, kami harus siapkan pula cenderamata khas daerah bagi wisatawan agar ekonomi masyarakat terus tumbuh," katanya.

Ia mengatakan, pemerintah setempat telah melakukan pembinaan dan promosi terhadap produk UMKM daerah itu namun karena belum terkoordinir dengan baik sehingga pelaku UMKM dan produk yang dihasilkan belum berkembang.

Dari kunjungan tersebut, diharapkan DWP Medan dapat mengetahui pola pembinaan yang diberikan pemerintah Bukittinggi terhadap para pelaku UMKM dalam menghasilkan produk yang dapat menjadi ciri khas daerah.

"Bukittinggi dikenal dengan produk bordiran, mukena dan lainnya. Kami harap ke depan pelaku UMKM di Medan juga dapat menghasilkan produk yang menampilkan ciri atau budaya daerah dan hanya dapat diperoleh di Medan," tambahnya.



Pewarta: Junisman

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016