Medan, 4/10 (Antara) - Dinas Koperasi dan UMKM Kota Medan melakukan promosi produk UMKM di pusat perbelanjaan modern untuk memperkenalkan produk usaha kecil tersebut kepada masyarakat luas di daerah itu.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Medan, Arjuna Sembiring di Medan, Selasa, mengatakan pihaknya sengaja menggelar bazar di pasar modern "Plaza Medan Fair" karena sebagian besar produk yang dihasilkan UMKM Kota Medan sudah layak dipasarkan di pasar modern.

Sedikitnya ada 70 pelaku UMKM di Kota Medan menggelar pameran di pasar modern tersebut yang bertajuk Karnaval Bazar UMKM dengan tema "Ayo Gunakan Produk koperasi dan UMKM".

"Sengaja kita pakai tema Ayo Gunakan Produk Koperasi dan UMKM, dalam upaya mengajak masyarakat untuk lebih mencintai produk dalam negeri yang memang kualitasnya tidak kalah bersaing dengan produk luar," katanya.

Selain untuk lebih mengenalkan produk UMKM kepada masyarakat luas, bazar tersebut mengajak pelaku UMKM untuk saling bersosialisasi dan lebih mengenalkan bagaimana memasarkan produk di pasar modern.


"Ini juga sebagai upaya kita untuk mengembangkan UMKM yang menjadi tulang punggung ekonomi rakyat. Karena memang fakta menyebutkan bahwa lebih dari 60 persen tenaga kerja kita diserap melalui usaha kecil seperti UMKM," katanya.


Dalam kesempatan itu ia menegaskan bahwa pihaknya selalu mendorong pelaku UMKM di Kota Medan untuk meningkatkan kualitas produknya agar bisa bersaing dengan produk pabrikan.


"Apalagi saat ini kita sudah memasuki Masyarakat Ekonomi ASEAN yang tentunya kita tidak ingin hanya menjadi penonton. Salah satu upaya yang kita lakukan adalah meningkatkan kualitas," katanya.***4***








(T.KR-JRD/B/R017/R017) 04-10-2016 18:43:05

Pewarta: juraidi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016