Tanjungbalai, 1/10 (Antarasumut) - Wali Kota Tanjungbalai Muhammad Syahrial menjadi pemimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang dilaksanakan di Lapangan Sultan Abdul Jalil Rahmadsyah Tanjungbalai, Sabtu.

Dalam upacara itu, Syahrial mengimbau semua pihak untuk menggali kembali nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila di tengah terpaan pengaruh kekuatan global.

"Kita harus menguatkan dan membentengi diri agar tidak terjerembab dalam lika-liku zaman sekarang ini. Salah satunya adalah dengan menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila," katanya.

Pancasila adalah dasar negara, nilai-nilai yang terkandung dalam di dalamnya wajib dimaknai sebagai energi untuk membangun kembali jati diri bangsa.

Hal itu disebabkan bangsa Indonesia akan semakin besar jika rakyatnya mampu menghidupkan dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila.

Pancasila juga adalah asal tunggal dan menjadi sumber dari segala sumber hukum yang mengatur masyarakat Indonesia dan segala sesuatu yang hadir dan lahir di Tanah Air.

"Momentum Hari Kesaktian Pancasila  harus dijadikan sebagai kesempatan untuk merefleksi diri tentang pemaknaan nilai-nilai dan kesaktian Pancasila itu sendiri. Hal ini penting khususnya bagi generasi muda bangsa ini," kata Syahrial.  

Pewarta: Yan Aswika

Editor : Ribut Priadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016