Langkat, Sumut, 9/9 (Antara) - Peternak di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara menyiapkan hewan kurban sebanyak 5.000 ekor guna memenuhi berbagai permintaan dari warga yang hendak bekurban.

"Ada 5.000 ekor sapi, domba, dan kambing yang sekarang ini sudah dipersiapkan para peternak untuk hewan kurban," kata Kepala Dinas Peternakan Langkat M Tambeng di Stabat, Jumat.

Ia mengatakan, kecukupan hewan kurban itu sudah diperiksa ke lapangan, terutama di tiga tempat penyedia terbesar hewan kurban yang ada Langkat.

Kebutuhan 5.000 ekor sapi, domba, dan kambing itu berdasarkan permintaan seperti yang terjadi pada tahun 2015 yang jauh-jauh hari sudah dipesan oleh warga yang membutuhkan hewan kurban.

Selain memeriksa kesiapan para pengumpul hewan kurban tersebut, instansinya juga melakukan berbagai pemeriksaan diantaranya menyangkut umur hewan, suhu badan, dan kotoran guna pemeriksaan cacingnya.

"Semua yang dilakukan petugas di lapangan sekarang ini guna memeriksa kesiapan ataupun stok hewan, kesehatan hewan yang akan dipotong, mau pun juga pemeriksaan lainnya," ujarnya.

Ia menambahkan, instansinya juga mempersiapkan posko pemeriksaan hewan dengan menempatkan beberapa orang dokter hewan yang setiap waktu siap untuk memeriksa hewan kurban.

"Kita persiapkan dokter hewan guna memeriksa hewan kurban agar sesuai dengan ketentuan `Halal, Sehat, dan Utuh`, dalam arti kata tidak cacat dan umur hewan harus pas untuk dilakukan pemotongan nantinya," katanya.  

Pewarta: Imam Fauzi

Editor : Ribut Priadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016