Medan, 23/8 (Antara) - Pemerintah Kota Medan mencanangkan TNI Manunggal KB Kesehatan tahun 2016 yang dipusatkan di Rumah Sakil Angkatan Laut Komang Makes Belawan, sebagai salah satu upaya pengendalian pertumbuhan penduduk.


"Program yang dilakukan rutin setiap tahunnya ini cukup penting karena mampu mengendalikan pertumbuhan penduduk, sekaligus memberikan kontribusi bagi masyarakat, terutama keluarga prasejahtera," kata Wakil Wali Kota Medan, Akhyar Nasution, di Medan, Selasa, saat pencanangan TNI Manunggal KB Kesehatan Kota Medan.


Untuk tahun ini pencanangan yang dilakukan itu diharapkan dapat memberikan kontribusi lebih besar lagi dari pencapaian sasaran atau target tahunan yang ditetapkan, terutama program KB serta pembinaan terhadap peserta KB aktif.


Sebab, pengendalian pertumbuhan penduduk dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.


Menurut Akhyar, jumlah penduduk yang besar di samping bisa menjadi faktor produksi sumber daya manusia yang handal, juga dapat menjadi beban sosial yang berat dalam pembangunan.


Untuk itu upaya yang telah dilakukan dan terus dilakukan dalam mengendalikan pertumbuhan penduduk salah satunya melalui program pencanangan TNI Manunggal KB Kesehatan Kota Medan.


Ia berharap program itu dapat terus diselenggarakan dengan nyata, berkesinambungan dan partisipatif, sebab ia tidak ingin kegiatan ini bersifat seremonial maupun slogan saja.


Mantan anggota DPRD Medan ini ingin kegiatan ini dapat menumbuhkan rasa kesadaran masyarakat untuk ikut dan peduli terhadap pengendalian laju pertumbuhan penduduk, terutama dalam membentuk keluarga kecil bahagia dan sejahtera.


"Program ini merupakan salah satu langkah efektif dalam memberhasilkan program KB Nasional secvara bekerlanjutan, terutama di Kota Medan. Untuk itu saya minta kepada SKPD terkait agar ikut berperan aktif dalam program ini secara terkoordinasi," katanya.


Sementara Dandim 0201/BS, Kol Inf Maulana Ridwan, mengatakan, program KB Kesehatan itu merupakan salah satu kunci keberhasilan pembangunan manusia Indonesia seutuhnya.


Sebab, apabila program KB Kesehatan tidak berhasil tentunya akan sulit menata kehidupan selanjutnya.


Di samping itu lajut pertumbuhan penduduk akan menjadi potensi ancaman nasional apabila tidak diimbangi peningkatan kesejahteraan masyarakat.


"Jadi saya menilai sangat tepat jika kegiatan ini mengambil tema, Melalui Kerjasama Pemko Medan dengan Kodim 0201/BS, Kita Tingkatkan Kinerja dan Partisipasi Masyarakat Untuk Mempercepat Pencapaian Sasaran Pembangunan Kependudukan dan KB tahun 2016," katanya.  

Pewarta: Juraidi

Editor : Ribut Priadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016