Kotapinang, 9/8 (Antarasumut) - Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan Kholil Jufri Harahap melepas keberangkatan 388 jamaah calon haji (Calhaj) yang tergabung dalam keloter tiga embarkasi Medan, Selasa sore.

Pelepasan Calhaj yang berlangsung di halaman Kantor Bupati Kab. Labusel di Jalinsum-Besilam Baru, Desa Sosopan, Kec. Kotapinang itu diiringi isak tangis keluarga para jamaah. 

Meskipun cuaca siang itu cukup terik, namun tidak menyurutkan semangat keluarga para jamaah untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Para Calhaj itu diberangkatkan menuju Asrama Haji Medan, dan akan menginap di sana sebelum diterbangkan dari Bandara Internasional Kualanamu menuju Madinah pada, Kamis (11/8) siang. 

Jamaah asal Kab. Labusel dijadwalkan akan kembali ke tanah air pada September 2016 mendatang. 


Wakil Bupati, Kholil Jufri Harahap pada kesempatan itu mengaku, bersyukur dan bahagia bercampur haru. 

Menurutnya, ibadah haji sangat istimewa, karena banyak orang berniat naik haji namun belum kesampaian. "Orang yang memiliki harta, banyak juga yang belum sampai niatnya untuk berangkat haji," katanya.

Ditempat serupa Ketua DPRD, H. Edimin juga mengingatkan para jamaah menjaga nama baik kabupaten dan negara selama di tanah suci. 

Dia pun mengharapkan agar para jamaah menjadi haji mabrur. "Dalam rombongan ini ada dua anggota dewan yang juga turut menunaikan ibadah haji, maka jadilah teladan bagi jamaah lainnya," katanya.


Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kab. Labusel, Chairul Syam mengatakan, Calhaj Kab. Labusel yang terdaftar berangkat pada tahun ini adalah 415 orang. 

Menurutnya, 27 jamaah lainnya tergabung dalam keloter 13 yang akan berangkat pada 11 Agustus mendatang.


"Dari seluruh Calhaj, jamaah tertua atas nama Baginda Rambe (86) asal Kec. Sungaikanan dan Sijen (70) asal Kec. Silangkitang. Sedangkan jamaah termuda yakni Rizki Ananda (19) asal Kec. Kotapinang dan Nur Mulia Rambey (27) asal  Kec. Torgamba," katanya.

Pewarta: Kurnia Hamdani

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016