Gunungsitoli, 23/6 (Antarasumut) -Akibat cuaca buruk, perahu yang ditumpangi anggota DPRD Nias Utara Pdt.Herman Baeha bersama pemilik perahu Syahnan Marundruri, anak buah kapal Jimmi, Pdt.Budieli Hia dan Pdt.Saroziduhu Marundruri terbalik di laut antara Pulau Bogi dengan Pulau Hinako, Kabupaten Nias Barat, Rabu.

Hingga kini anggota DPRD Nias UtaraPdt. Herman Baeha belum ditemukan, sedangkan empat penumpang lainnya ditemukan selamat.

Kapolres Nias AKBP.Bazawato Zebua, SH, MH yang dihubungi melalui Ps.Paur Humas Polres Nias Aiptu.Osiduhugo Daeli melalui telepon seluler, Kamis, membenarkan insiden terbaliknya prahu yang ditumpangi anggota DPRD Nias Utara. 

Menurut Osiduhugo, Polisi, Basarnas, Angkatan Laut dibantu unsur pemerintah Kabupaten Nias Barat dan masyarakat sedang melakukan pencarian terhadap anggota DPRD Nias Utara Pdt.Herman Baeha yang hingga saat ini belum ditemukan. 

Sedangkan empat korban lainnya pemilik perahu Syahnan Marundruri, anak buah kapal Jimmi, Pdt.Budieli Hia dan Pdt.Saroziduhu Marundruri telah ditemukan selamat. 

“Syahnan Marundruri bersama Jimmi ditemukan terdampar di Pulau Bogi, Pdt.Budieli Hia ditemukan terdampar di Pulau Asu kemarin. Sedangkan Pdt.Saroziduhu Marundruri telah ditemukan pagi tadi di Pulau Langu dalam keadaan selamat. Kini tinggal Pdt.Herman Baeha yang belum ditemukan,” terang Osiduhugo melalui telepon seluler. 

Tidak lupa Osiduhugo menuturkan, dari hasil pembicaraan dengan salah satu korban selamat Pdt.Budieli Hia, diketahui jika Pdt.Budieli Hia, Pdt.Saroziduhu Marundruri dan Pdt.Herman Baeha hendak memancing ke Pulau Bogi.

Dari pelabuhan Pulau Hinako, ketiganya mengendarai perahu motor 13 PK yang di kemudikan Syahnan Marundruri dibantu ABKnya Jimmi menuju Pulau Bogi, Rabu pukul 16.00 wib.

Namun, lima menit setelah berangkat dari pelabuhan Hinako menuju Pulau Bogi, perahu yang mereka tumpangi terbalik akibat gelombang tinggi yang disebabkan cuaca buruk. 

Kelimanya sempat masih berenang menggunakan papan dan jeriken dari perahu dan sepakat berenang bersama sama menuju Pulau Bogi.

Naas, kelima korban terpisah ketika berenang menuju Pulau Bogi akibat gelombang tinggi, sehingga empat korban ditemukan selamat di Pulau Bogi, Pulau Asu dan Pulau Langu. Sedangkan anggota DPRD Nias Utara Pdt.Herman Baeha hingga kini belum ditemukan.

Edison Hulu Kabag Humas DPRD Nias Utara yang dihubungi melalui telepon seluler, Kamis, membenarkan jika Pdt.Herman Baeha adalah anggota DPRD Nias Utara. Pdt.Herman Baeha belum lama dilantik menjadi anggota DPRD Nias Utara menggantikan Ingati Nazara yang kini menjadi Bupati Nias Utara.

“Benar Pdt.Herman Baeha anggota DPRD Nias Utara. Dia baru dilantik menggantikan Ingati Nazara yang kini menjadi Bupati Nias Utara. Kita tidak tahu mengapa Pdt.Herman Baeha bisa berada di Hinako, padahal seluruh anggota DPRD Nias Utara lainnya sedang tugas di luar daerah,” terang Edison melalui telepon seluler.

Pewarta: Irwanto Hulu

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016