Sidikalang, 30/5 (Antarasumut) - Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang sudah berlaku tahun 2016 ini dinilai merupakan peluang yang cukup baik untuk perkembangan ekonomi bagi masyarakat.

Wakil Bupati Dairi, Irwansyah Pasi, di Sidikalang,  mengatakan, menghadapi era perdagangan bebas MEA harus mampu bersaing mulai dari kualitas, peningkatan nilai tambah produksi pertanian, inovasi produk. 

"Mari melihat MEA sebagai peluang, bukan untuk menakut-nakuti," katanya.

Menghadapi MEA diperlukan sinergitas antar elemen, masyarakat maupun Pemerintah Dairi, sehingga tantangan apa pun bisa dihadapi. 

"Kita harus melihat keberadaan MEA sebagai peluang dan tantangan yang harus kita perjuangkan melalui berbagai upaya dan tindakan nyata," ucapnya.

Produk unggulan yang merupakan hasil pertanian harus menjadi perhatian khusus seperti, kopi, jeruk, jagung dan lainnya, diharapkan dapat meningkatkan nilai tambah dan  kualitas. 

Selain, untuk menghadapi MEA Pemerintah sudah mulai memperbaiki infrastruktur, yang merupakan sarana mobilitas perputaran ekonomi, karena Dairi merupakan daerah mayoritas petani.

Pewarta: Rel

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016