Medan, 5/5 (Antara) - Pemerintah Kota Medan berkomitmen penuh untuk membangkitkan industri kreatif karena diyakini menyerap banyak tenaga kerja, sehingga mampu menekan tingginya angka pengangguran.

"Selain itu, UMKM juga dapat memberikan pemberdayaan pada rumah tangga yang memang memiliki banyak sekali potensi," kata Wakil Wali Kota Medan Akhyar Nasution saat menghadiri pembukaan Sumatera International Expo (Sumex) 2016 di Lapangan Merdeka Medan, Kamis.

Guna membangkitkan industri kreatif, Akhyar mengatakan Kota Medan saat ini telah memiliki UKM Centre yang dapat menampung produk-produk dari berbagai cluster.

Kemudian di setiap kecamatan juga telah dibangun pusat UMKM, sehingga dapat mewadahi produk unggulan setiap kecamatan yang ada di Kota Medan.

"Semua ini kita lakukan semata-mata untuk memberikan akses dan ruang bagi pelakui UMKM dalam mengembangkan usahanya. Selain itu Dinas Koperasi dan UMKM Kota Medan juga rutin memberikan berbagai pendidikan dan pelatihan bagi pelaku UMKM yang ada di Kota Medan," katanya.

Selanjutnya Akhyar menyambut baik digelarnya Sumex 2016, karena event itu menjadi ajang untuk mempromosikan hasil-hasil produk dalam negeri, khususnya produk UMKM dan koperasi untuk tujuan ekspor.


Lalu meningkatkan skala ekonomi sektor pariwisata di Provinsi Sumatera Utara dengan akan datangnya turis maupun buyer (pembeli) dfari berbagai negara maupun provinsi lainnya dari seluruh Indonesia.


Ia berharap dengan digelarnya Sumex itu dapat menjadi lokomotif pengembangan ekonomi Indonesia wilayah barat dengan lebih memperkenalkan produk-produk ekspor yang berasal dari Kota Medan maupun kota-kota laionnya di Pulau Sumatera, serta seluruh Indonesia.


"Saya ingin Sumex 2016 dilengkapi dnegan beberapa diskusi dan konsultasi mengenai pengembangan UMKM, sehingga jika ada pengunjung yang memiliki usaha kecil menengah dan industri rumah tangga dapat langsung sharing dengan para konsultan," katanya.***4***








(T.KR-JRD/B/A029/I023) 05-05-2016 22:16:58

Pewarta: juraidi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016