Medan, 21/4 (Antara) - Pemerintah Kota Medan bersama Badan Pusat Statistik (BPS) melakukan sosialisasi sensus ekonomi, dalam upaya lebih mengenalkan program nasional tersebut kepada masyarakat di kota itu.


"Sosialisasi ini juga merupakan salah satu usaha menyukseskan sensus ekonomi," kata Wali Kota Medan Dzulmi Eldin di Medan, Kamis, saat membuka sosialisasi sensus ekonomi tersebut.


Ia mengatakan, pihaknya sangat membutuihkan hasil sensus ekonomi 2016 itu yang akan menyajikan catatan dasar seluruh kegiatan ekonomi di Kota Medan secara komprehensif.


Diharapkan hasil sensus ekonomi itu nantinya dapat digunakan untuk melengkapi penyusunan kebijakan, perencanaan, dan evaluasi pembangunan di Kota Medan yang lebih terpadu pada masa yang akan datang.


Ia mengatakan, saat ini Kota Medan sedang giat membangun dan masyarakat juga mengharapkan agar program kerja pembangunan semakin sesuai dengan potensi yang dimiliki, sekaligus juga selaras dengan kepentingan masyarakat luas.


Namun di sisi lain, disadari adakalanya dihadapi masalah ketersediaan data dan informasi pembangunan yang masih terbatas.


Kondisi itu bisa menyebabkan kebijakan, perencanaan, dan evaluasi pembangunan yang diselenggarakan kurang efektif, kurang terfokus, bahkan bisa kurang tepat sasaran.


Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Medan Herman mengatakan, sosialisasi itu merupakan salah satu rutinitas yang dilakukan dalam upaya menyebarluaskan informasi sensus ekonomi 2016.


Dengan sosialisasi itu, diharapkan pelaksanaan sensus ekonomi Kota Medan berjalan dengan sukses dan lancar, sehingga hasilnya dapat mendukung rencana kerja pembangunan kedepan.


"Sosialisasi ini untuk mengumpulkan dan menyajikan data dasar seluruh kegiatan ekonomi, selain sektor pertanian sebagai landasan bagi penyusunan kebijakan, perencanaan, dan evaluasi pembagunan di Kota Medan," katanya.  

Pewarta: Juraidi

Editor : Ribut Priadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016