Sidikalang, 1/3 (Antarasumut) - Komando Rayon Militer (Koramil) 02 Sidikalang, Kodim 0206 Dairi sosialisasikan empat pilar kebangsaan, di SMA Negeri 2 Sidikalang.

Dalam kesempatan itu, Danramil 02 Sidikalang Kpt Inf Immun Tarigan mengatakan, kuatnya arus modernisasi saat ini, membuat pemahaman mengenai empat pilar kebangsaan perlu untuk digalakkan. 

Karena empat pilar kebangsaan belum sepenuhnya diterapkan dalam kehidupan, terutama di kalangan pelajar.

"Nilai-nilai empat pilar kebangsaan semakin lama semakin tergerus, oleh sebab itulah TNI menggalakkan kembali sosialisasi empat pilar kebangsaan kepada pelajar, mulai dari SD, SMP dan SMA," katanya.

Sosialisasi pemahaman empat pilar kebangsaan yakni, Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika harus dijadikan untuk pembinaan karakter dan moral generasi muda, agar tidak mudah terpengaruh hal-hal yang negatif. 

Hal itu didasari dengan melihat banyaknya kenakalan remaja yang terjadi saat ini akibat dampak negatif di era globalisasi. Apalagi Indonesia sudah masuk Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). 

Arus informasi, budaya asing juga akan lebih deras masuk ke Indonesia terkhusus ke Dairi. Makanya, para pelajar perlu pembekalan dan penguatan. 

Penerapan empat pilar kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari, diharapkan bisa menyelamatkan identitas bangsa Indonesia di tengah gempuran budaya asing.

Pewarta: Rel

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016