Labuhanbatu Selatan, 20/1 (Antarasumut) - Pemerintah Daerah Labuhanbatu Selatan didorong untuk mengaktifkan kembali Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling-Red) di Pedesaan serta Kecamatan.

"Dorongan ini supaya menjaga kekondusifan Kamtibmas demi tetap terjaganya kondusifitas dan kenyamanan bagi warga khusus dalam kasus pencurian serta memberantas Narkoba," ujar Wakil Ketua Partai Golkar II Kab. Labusel Nur Hasraruddin Daulay, Rabu siang 

Menurutnya, jika para camat dan Kepala Desa di jajaran pemkab Labusel dapat mengaktifkan Siskamling berarti akan memperkecil sebuah pergerakkan dalam penyakit Kamtibmas. 

Apalagi, saat ini dinilai begitu banyak modus-modus kejahatan yang dapat mengganggu keamanan dan kenyamanan masyarakat, bukan hanya malam hari namun juga kerap terjadi pada siang hari karena itu kapan saja bisa terjadi.

"Artinya mari kita buat masyarakat kembali merasa diajak berpartisipasi dalam pembangunan lingkungan, terutama menjaga keamanan dan kekondusifan dimasing-masing lingkungan dan daerah kita ini," ucapnya.

Sekretaris DPC Taruna Merah Putih Labusel, Nanang Azhari Harahap menegaskan agar masyarakat tidak bisa hanya mengharapkan polisi maupun satuan keamanan lainnya untuk menjaga kekondusifan kamtibmas.

Namun juga, diperlukan kerjasama dari seluruh warga ataupun masyarakat agar bersama-sama membangun serta menjaga kamtibmas di lingkungan masing-masing daerah demi membantu tugas-tugas pihak Kepolisian Resor Labuhanbatu.

"Artinya masyarakat cukup memiliki peran bukan hanya mengharapkan polisi untuk menjaga kekondusifan dalam memberantas penyakit kamtibmas," katanya.

Kabag Humas dan Infokom Setdakab Labusel Muhammad Irsan ketika dimintai tanggapan menuturkan, apa yang diharapkan masyarakat tentang pengaktifan Siskamling di Kecamatan maupun Pedesaan tentu akan menjadi pertimbangan Pemkab Labuhanbatu Selatan.

Pewarta: Kurnia Hamdani

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016