Medan, 22/3 (Antarasumut) - Dinas Kebudayaan Pariwisata Toba Samosir (Tobasa) menggelar malam kesenian dengan menampilkan opera Batak serta pameran produksi daerah guna memeriahkan Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) ke-45 di Medan.

"Kita bekerjasama dengan sanggar Seni Pande Nauli mempagelarkan opera Batak “Boru ni Tulang Indapati” sebagai atraksi andalan mengisi malam kesenian Tobasa," ujar Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Tobasa Ultri Sonlahir Simangunsong di Medan, Selasa.

Ia menyebutkan, dalam mempromosikan industri pariwisata, pihaknya senantiasa mendukung berbagai kegiatan seni sekaligus dalam rangka menyukseskan penyelenggaraan atraksi budaya pada PRSU di Medan.

Menurutnya, para pelaku pariwisata dan sejumlah perusahaan daerah seperti PT. TPL dan PT Asahan 1 juga dilibatkan untuk memanfaatkan momen tersebut meningkatkan serta mengembangkan investasi dan pemasaran produk mereka.   

"PRSU bisa menjadi salah satu cara untuk memperkenalkan budaya daerah serta produksi lokal yang ada di Sumut," katanya.

Dari sembilan arahan Presiden Jokowi untuk pengembangan kawasan Danau Toba, salah satu di antaranya adalah mempromosikan Danau Toba secara meluas.
 
Secara resmi, pihak Pemkab Tobasa juga meluncurkan komik “Geopark Kaldera Toba” karya Antoni Pardosi yang tersedia dalam versi cetak serta akan didistribusikan ke sejumlah sekolah yang ada di daerah setempat.

Sementara itu, Ketua Badan Pengelolaan Kaldera Toba Alimin Ginting didampingi geolog Gagarin Ginting menambahkan, penerbitan komik dimaksud diharapkan menjadi media edukasi bagi masyarakat luas, terutama anak-anak sekolah.

Dijelaskannya, komik tersebut menyajikan secara ilmiah tentang proses letusan gunung Toba, sehingga para pelajar dapat memahami budaya kearifan lokal sekaligus bisa memeliharanya dengan baik. 

“Pengetahuan tentang Geopark Kaldera Toba disajikan dalam bentuk komik, sehingga gampang dimengerti oleh masyarakat,” kata Alimin.

Malam kesenian yang digelar pekan lalu tersebut juga dihadiri sejumlah pejabat diantaranya Bupati Tobasa, Wakil Bupati dan Kapolres Tobasa 

Pewarta: juraidi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016