Medan, Sumut, 1/2 (Antara) - Rapor hasil evaluasi akuntabilitas kinerja Pemerintah Kabupaten Nias, Sumatera Utara, dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi menunjukkan peningkatan.


"Kalau tahun lalu Pemkab Nias mendapatkan nilai C, namun tahun ini mendapatkan nilai CC," kata Kepala Bagian Organisasi Setda Kabupaten Nias Desmon Zebua, melalui pesan tertulisnya yang diterima Antara di Medan, Senin.


Meningkatnya rapor hasil evaluasi akuntabilitas kinerja itu tentunya menunjukkan semakin baik tingkat efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran serta semakin baik kualitas pembangunan budaya kinerja birokrasi di pemerintahan daerah tersebut.


Hal tersebut juga membuktikan komitmen pemerintah daerah setempat cukup tinggi dalam upaya mewujudkan pemerintahan yang berorientasi kepada hasil (result oriented government).


"Tentunya pencapaian rapor tersebut diharapkan akan semakin memotivasi untuk semakin baik kedepannya terutama dalam peningkatan pelayanan kepada masyarakat," kata Desmon.


Sebelumnya, Bupati Nias Sokhiatulo Laoli menerima langsung laporan hasil evaluasi akuntabilitas kinerja Pemkab Nias yang diserahkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Yuddy Chrisnandi, pekan lalu.


Penyerahan hasil evaluasi akuntabilitas kinerja pemerintah tahun 2015 itu dihadiri oleh 156 kabupaten/kota se-Sumatera dan Daerah Istimewa Yogjakarta (DIY).


Dari 33 kabupaten/kota di Sumatera Utara, delapan kabupaten/kota yang mendapatkan nilai CC (cukup) dan 25 mendapatkan nilai C (kurang).


Secara khusus, Pemkab Nias mendapatkan peningkatan dari sebelumnya nilai C sesuai Keputusan Kemenpan-RB Nomor Und/59/S.PANRB/01/2016 tanggal 20 Januari 2016. ***2***




Pewarta: Juraidi

Editor : Ribut Priadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016