Medan, 7/1 (Antara) - Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kota Medan diharapkan dapat memanfaatkan internet sebagai media promosi sekaligus untuk lebih memperkenalkan produk yang dihasilkan kepada masyarakat luas terutama dari luar daerah.


Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Medan, Arjuna Sembiring di Medan, Kamis, mengatakan, dewasa ini perkembangan internet sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan masyarakat modern.

Bahkan hampir setiap saat aktivitas manusia selalu bersinggungan dengan internet, baik untuk bekerja ataupun sekedar hanya mencari informasi maupun lainnya, bahkan tidak sedikit juga yang benar-benar memanfaatkannya untuk berinteraksi sesama koleganya.


Mengingat sudah semakin pentingnya internet bagi manusia dewasa ini, tentunya hal itu dapat dimanfaatkan bagi UMKM untuk memasarkan produk-produk yang dihasilkannya, apalagi memang pemerintah dewasa ini sangat mendorong perkembangan industri kreatif.


"Manfaatkanlah media online untuk berpromosi sekaligus memasarkan produk. Artinya, selain memasarkan produk melalui cara-cara konvensional seperti yang dilakukan selama ini, juga harus dapat memasarkan produk melalui online," katanya.


Untuk itu, lanjut dia, pelaku UMKM juga harus "melek" internet dan dapat membuat website sendiri dengan nama produknya masing-masing seperti yang sudah dilakukan oleh perusahan-perusahan besar.


Dinas Koperasi dan UMKM Kota Medan juga telah menggandeng perguruan tinggi dalam hal ini Universitas Sumatera Utara (USU) untuk memberikan pelatihan singkat kepada pelaku UMKM agar mampu membuat website dan mampu mengelolanya sendiri dalam upaya memasarkan produk.


"Melalui media online tentunya jangkauan promosi akan lebih luas. Inilah mengapa kami selalu mendorong pelaku UMKM harus juga melek internet yang tentunya sangat ampuh sebagai media untuk berpromosi," katanya.***3***










(T.KR-JRD/B/S015/S015) 07-01-2016 12:59:58

Pewarta: juraidi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016