Batubara, 8/12 (Antarasumut) - Kabupaten Batu Bara merayakan hari jadinya yang ke 9 setelah memekarkan diri dari Kabupaten Asahan sebagai kabupaten induk.

Pembentukan kabupaten Batu Bara ditetapkan berdasarkan Undang Undang Nomor 5 Tahun 2007 tanggal 2 Januari 2007 dengan 7 kecamatan dengan  ibukota di Kecamatan Lima Puluh.

Hari jadi Kabupaten Batu Bara ditetapkan pada tanggal 8 Desember berdasarkan Peraturana Bupati Batu Bara Nomor 3 Tahun 2007.

Hal tersebut didasari  persetujuan bersama DPR RI dengan Presiden RI pada tanggal 8 Desember 2006 yang memutuskan undan-undang tentang pembentukan Kabupaten Batu Bara.


Peringatan hari jadi Kabupaten Batu Bara ke- 9 melalui rapat paripurna istimewa DPRD digelar, Senin (8/12) di ruang  paripurna dewan di Lima Puluh.  Bupati Batu Bara H. OK. Arya Zulkarnain,SH.MM dalam sambutannya mengatakan, keberhasilan pembangunan khususnya pada tiga prioritas pembangunan pada bidang pendidikan, kesehatan dan perekonomian.

Dihadapan seluruh anggota dewan yang hadir dan Muspida serta pimpinan SKPD dan Kepala Desa/Lurah se Kabupaten Batu Bara serta undangan lainnya, OK Arya secara gamblang mengutarakan keberhasilan pembangunan di bidang pendidikan yang menunjukkan perkembangan menggembirakan.

Hal tersebut dapat dilihat dari angka melek huruf masyarakat Batu Bara yang telah mencapai 99,2%. Selain itu dalam kurun waktu lima tahun terakhir angka putus sekolah berhasil ditekan hingga dibawah satu persen.


Sedangkan Pada bidang kesehatan Pemkab Batu Bara dengan pembangunan secara terus menerus dilakukan, seperti, program pelayanan kesehatan hingga tingkat desa menghasilkan prestasi yang sangat signifikan.

Pelayanan kebidanan telah mencapai 99%, pertolongan persalinan oleh tenaga kesehatan mencapai 100% serta cakupan perawatan balita gizi buruk serta penanganan penderita DBD juga telah mencapai 100%.

Sementara pada bidang perekonomian di Kabuaten Batu Bara, dilaporkan upaya menciptakan iklim yang kondusif bagi investasi serta perkembangan usaha mikro dan kecil dengan ratio 92%.

Meski demikian  menurut OK Arya, ini bukanlah suatu tujuan akhir, namun dapat menjadi indikator penilaian atas keberhasilan pembangunan. Karenanya Bupati mengajak seluruh elemen kemasyarakatan untuk menjaga komitmen dan kekompakan demi keberlanjutan pembangunan Kabupaten Batu Bara.

Pada kesempatan tersebut Bupati juga menyampaikan empat pesan, dengan harapan kepada masyarakat Batu Bara,  pertama mengajak seluruh masyarakat untuk berperan aktif bersama pemerintah kabupaten melaksanakan program pembangunan.  

Bupati juga mengajak seluruh SKPD se jajaran Pemkab Batu Bara untuk meningkatkan kinerja, pengabdian dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Dan  meningkatkan kepedulian sosial serta meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan.

Sementara Ketua DPRD Kabupaten Batu Bara Selamat Arifin, SE.M.Si dalam pidatonya mengajak seluruh elemen untuk meningkatkan kinerja agar pembangunan di kabupaten Batu Bara membawa manfaat besar bagi masyarakat Batu Bara. Selain itu kata Selamat,  seluruh elemen berperan aktif dan bersinergi menghadapi tantangan.

Selamat menambahkan, masih ada beberapa permasalahan yang membutuhkan penyelesaian yakni,  masalah pengangguran, kemiskinan, pengendalian lahan dan pengelolaan lingkungan.

Selain itu baik Bupati maupun Ketua DPRD mengingatkan masyarakat Batu Bara agar bersiap diri menghadapi tantangan dan peluang  melalui  masyarakat ekonomi asean (MEA)  yang telah diambang mata.

Pewarta: Guntur

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015