Lotu, 13/10 (Antarasumut) - Pemerintah Kabupaten Nias Utara melalui Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga menyelenggarakan Grand Final Kontes Duta Wisata Tahun 2015, 13 Oktober 2015 di Halaman Kantor Bupati Nias Utara.

Kontes ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Utara, Staf Ahli Bupati, Asisten Sekda, Kepala SKPD, Kepala Bagian Lingkup Setda Kabupaten Nias Utara, Dewan Juri, dan seluruh peserta kontes.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Nias Utara, Toloni Waruwu, mengatakan dasar pelaksanaan konter itu adalah Keputusan Bupati Nias Utara nomor : 556/260/Disbudpapora/K/Tahun 2015 tanggal 15 Juli 2015 tentang Pembentukan Panitia Pelaksana dan Dewan Juri Kontes Duta Wisata Tahun 2015 Kabupaten Nias Utara.

Tujuan Pelaksanaan dari Kontes Duta Wisata ini ialah untuk menggali potensi, minat, bakat para generasi muda Nias Utara dalam hal mengembangkan, mempromosikan Pariwisata dan Nilai-Nilai Budaya yang ada di Wilayah Nias Utara, sehingga kedepan Pariwisata yang ada di Kabupaten Nias Utara dapat diminati oleh Turis Domestik dan Manca Negara.

Jumlah peserta yang mendaftar sebanyak 42 orang yang terdiri dari 21 orang Putera dan 21 orang Puteri serta telah mengikuti tes tertulis, lisan (wawancara), dan parade pada tanggal 08 Oktober 2015, dimana yang lulus pada tes tersebut sebanyak 10 orang Putera dan 10 orang Puteri, dan akan mengikuti Grand Final pada hari ini.
    

Sementara Bupati Nias Utara yang diwakili Sekretaris Daerah dr. Idaman Zega, mengatakan pelaksanaan kontes duta wisata merupakan program rutin Kementerian Pariwisata setiap tahun yang tahap pelaksanaannya dari Tingkat Kabupaten/Kota, Tingkat Provinsi dan Tingkat Pusat.

Putera dan Puteri yang terpilih akan bertugas mendampingi Bupati Nias Utara pada acara-acara seremonial, dan mempromosikan Kabupaten Nias Utara kepada Wisatawan Domestik maupun Mancanegara.

Kabag Humas dan Keprotokolan Setda Kabupaten Nias Utara, Notianus Telaumbanua mengatakan grand final Kontes Duta Wisata Kabupaten Nias Utara Tahun 2015 terlaksana dengan baik

Dengan hasil Putera Juara I Arman Surya Angadrowa Baeha (Kec. Lahewa), Juara II Junieli Telaumbanua (Kec. Lahewa), Juara III William Master Abadi Zebua (KBP3A), dan Puteri : Juara I Juli Arti Waruwu (SMAN 1 Afulu), Juara II Zeni Melinda Zalukhu (SMKS Cahaya Lahewa), Juara III Merlin Zalukhu (Kec. Lahewa).

Pewarta: juraidi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015