Medan, 26/9 (Antara) - Kawasan di sekitar Bandar Udara Kualanamu di Kabupaten Deliserdang akan menjadi "kota baru" sesuai konsep aerotropolis yang diprogramkan pemerintah.

Dalam peresmian salah satu hotel di kawasan Bandara Kualanamu, Sabtu, Plt Gubernur Sumut HT Erry Nuradi mengatakan, pengembangan kawasan di sekitar Bandara Kualanamu itu harus dapat disesuaikan dengan Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) Pemkab Deliserdang.

Pihaknya tidak ingin kawasan sekitar Bandara Kualanamu hanya diisi bangunan berupa ruko sebagai lokasi kegiatan usaha.

Meski keberadaan ruko-ruko tersebut dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, tetapi Pemkab Deliserdang diharapkan dapat menerapkan kebijakan yang lebih baik.

Tanpa mengurangi peluang untuk meningkatkan aktivitas perekonomian masyarakat, diharapkan penataan kota baru tersebut juga memperhatikan aspek estetika dan pelestarian lingkungan.

"Jangan sampai menjadi `lautan ruko` yang kurang menambah keindahan," katanya.

Mantan Bupati Serdang Bedagai itu mengapresiasi pembangunan hotel transit di sekitar Bandara Kualanamu untuk mendukung terwujudnya kota baru tersebut.

Wakil Bupati Deliserdang Zainuddin Mars mengatakan, pihaknya selalu membuka peluang bagi investor untuk menanamkan modalnya di daerah itu, terutama di sekitar kawasan Bandara Kualanamu.

Pihaknya akan memberikan berbagai kemudahan agar investasi yang akan membawa pengaruh terhadap perekonomian masyarakat di Deliserdang tersebut dapat terealisasi. ***3***


Pewarta: Irwan Arfa

Editor : Ribut Priadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015