Tebingtinggi 19/8 (antarasumut) - Sebanyak 166 orang calon jemaah haji asal Kota Tebingtinggi yang terdiri dari 45 laki-laki dan 71 wanita siap berangkat ke tanah suci.

"Mereka tergabung dalam kloter 5 dan direncanakan berangkat pada 25 Agustus 2015," kata Wali Kota Tebingtinggi Umar Zunaidi Hasibuan saat menepungtawari calon jemaah haji tersebut, di Gedung Balai Kartini, Tebingtinggi, Rabu.
 
Calon jemaah haji tersebut yang tertua tercatat atas nama Rubinem binti Nurali usia 80 tahun dan termuda M.Nahari Harahap bin Raja Gunung Tua Harahap 24 tahun, dengan pimpinan keloter Pono Siregar SPdI.

Kepada calon jemaah haji, Umar mengingatkan beberapa hal diantaranya selama menjadi tamu Allah di tanah suci agar tetap menjaga adab.

Sebagai tamu Pemerintah Kerajaan Arab Saudi, harus pula mengikuti peraturan di negara tersebut, jangan berbuat sesuka hati, patuhi aturan yang dibuat pemerintah setempat.

"Selain itu para jemaah juga merupakan duta dari Indonesia, Kota Tebing Tinggi dan Keluarga, untuk itu pula jaga harkat dan martabat Bangsa, daerah dan keluarga sebaik-baiknya," katanya.

ia juga menyampaikan calon jemaah haji tahun ini harus lebih baik dan Pemkot Tebingtinggi akan memberikan bantuan Rp.1 juta /jemaah, yang dapat digunakan untuk keperluan yang dibutuhkan dalam menjalankan ibadah.

"Jemaah diharapkan mampu membaca situasi dan kondisi daerah setempat, karena ini merupakan pelajaran pertama, jika kita mampu membaca apa saja secara baik mudah-mudahan selalu ada kemudahan, seperti ayat pertama Al-Quran Iqro (baca)," katanya.

Hadir dalam acara tersebut Ketua Keloter 5 Pono Siregar dan tim kesehatannya, dalam kesempatan tersebut diberikan paparan tentang Kesehatan dan Penjelasan dari Petugas Imigrasi tentang keperluan dan persiapan jemaah calon haji.

Para jemaah calon haji diberikan tausyiah yang disampaikan Ustad Irvan Yusuf SPd.I yang memberikan masukan tentang kewajiban dan harus menjadi perhatian para jemaah calon haji.

Pewarta: Dhani Elison

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015