Dairi, 4/6 (Antarasumut) - Wakil Ketua DPRD Dairi, Ir Benpa Hisar Nababan, Kamis, mendesak Kadis Perhubungan Sumut segera memindahkan pengoperasian jembatan timbang milik Dinas Perhubungan Sumut di Jalan Runding Sidikalang Kabupaten Dairi.

Menurutnya, jembatan timbang itu dari sisi estetika dan tata letak kurang layak. Gudang dan areal parkir tidak ada. Lokasinya juga tidak strategis dan sempit.

Benpa juga menilai karena lokasi jembatan timbang berada di sebuah persimpangan keramaian dan padat permukiman, macet kerap terjadi di sana. “Pemerintah Sumut harusnya memperhatikan bagaimana kebutuhan 10 hingga 30 tahun mendatang. Kalau 30 tahun silam, mungkin masih ideal,” ujarnya.

Kepala Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB) Jalan Runding, Mahadi Bintang membenarkan, operasional jembatan memang tak lak layak lagi karena lahan tak sampai seluas 2000 meter kuadrat.

Disebutkannya, Bupati Dairi telah mengeluarkan rekomendasi relokasi tahun 2013. Alternatifnya diusulkan  di Lae Pondom dekat Simpang Silalahi Kecamatan Sumbul. Tim Dishub telah survei, namun belum diketahui bagaimana tindak lanjut.

Dijelaskan, di Sumut, hanya 3 jembatan timbang memenuhi standar. Yakni Sibolangit, Aek Kanopan dan Aek Loba. “Fasilitas di sana dilengkapi forklif, gudang dan lahan parkir. Hasil penertiban dititipkan di gudang dibarengi biaya sewa. Kalau sampai waktu tertentu tak diambil pemilik, barang bawaan bisa dilelang,” tuturnya.

Pewarta: Edy Pandiangan

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015