Bandar Khalipah,28/5 (Antarasumut) - Sebagai wujud syukur atas keberhasilan panen padi pada masa musim tanam sebelumnya sekaligus memanjatkan doa sebagai penyemangat dalam menyambut musim tanam baru, ratusan masyarakat Kecamatan Bandar Khalifah menggelar acara syukuran panen dan jamu sawah yang dihadiri Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman di Dusun II Desa Gelam Sei Serimah Kecamatan Bandar Khalipah, Rabu (27/5).

Dihadapan para petani, Bupati Sergai Ir. H. Soekirman mengemukakanĀ  bahwa kita harus selalu merasa bersyukur atas apa yang dianugerahkan kepada kita, terlebih pada hasil panen yang merupakan nikmat bagi kita semua.

Seperti kita ketahui Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat merupakan salah satu lumbung padi di Propinsi Sumatera Utara sekaligus pendukung program surplus beras yang sedang ditargetkan pemerintah pusat.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Sergai, Bupati Soekirman memberikan apresiasi tentang keberhasilan panen padi saat ini.

Untuk itu kedepannya diharapkan kesuksesan panen ini terus ditingkatkan, hal ini tentu menjadi tugas bersama antara petani dengan para penyuluh pertanian serta instansi terkait untuk mengetahui pola tanam yang baik di masa-masa mendatang.

Untuk mencapai keberhasilan tersebut diperlukan juga adanya sinergitas semua elemen masyarakat, serta selalu berkomunikasi yang baik dalam menyampaikan informasi.

"Mari bersatu menyatukan kesepahaman serta meningkatkan pembangunan dan kemajuanĀ  daerah," katanya.

Mengenai peningkatan produksi pertanian, Bupati H. Soekirman menceritakan tentang lawatannya ke- Kota Changsa Provinsi Hunan Cina bulan pada Mei yang lalu.
Dinegeri tersebut untuk mengatasi kelangkaan pangan yang diakibatkan peningkatan jumlah penduduk, Pemerintah Provinsi Hunan melakukan inovasi untuk meningkatkan produksi pertanian. Salah satunya membuat pusat riset khusus untuk tanaman padi yang dinamakan Human Rice Riset Centre Development (HRRCD) untuk tanaman padi hybrida yang dipanen pada masa percobaan dapat menghasilkan produksi 16,4 ton/Ha.

Bupati Soekirman berharap inovasi seperti yang dilakukan di negeri China ini tentunya dapat kita terapkan di Kabupaten Sergai agar kita tidak kekurangan bahan pangan khususnya beras, apalagi sekarang banyak tersebar issue tentang peredaran beras plastik.

Hal ini tentunya menjadi tugas kita bersama dalam mengawasi peredaran beras tersebut sehingga daerah kita tidak dijadikan sasaran penjualan beras tersebut, pungkas Soekirman.



Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015