Labusel, Sumut, 18/5 (Antara) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Sumatera Utara melantik 187 penyelenggara pemlihan kepala daerah setempat yang akan diselenggarakan pada 9 Desember 2015.

Dalam pelantikan di Kota Pinang, Senin, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Labuhanbatu Selatan Imran Husaini Siregar mengatakan, penyelenggara yang dilantik itu terdiri dari 25 orang tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan 162 orang Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Seluruh anggota PPK dan PPS yang baru dilantik tersebut dituntut untuk dapat bekerja dengan maksimal serta diminta segera membentuk kelengkapan organisasi agar dapat bekerja efektif.

KPU Labusel itu juga berharap kepada pemerintah di tingkat kecamatan dan kelurahan/desa untuk dapat membantu pembentukan sekretariat PPK dan PPS.

Sementara itu, Sekdakab Labusel Zulkifli mengharapkan penyelenggara di tingkat kecamatan dan desa/kelurahan tersebut dapat melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab sesuai tugas dan wewenang yang diatur dalam undang-undang.

"PPK dan PPS agar terus proaktif membantu KPU melaksanakan tahapan-tahapan pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan," katanya.

Selain itu, PPK dan PPS juga diminta segera menyosialisasikan pilkada tersebut kepada masyarakat agar dapat berpartisipasi dan berperan aktif menyukseskan seluruh tahapan yang dijalankan.

Penyelenggara pilkada juga diharapkan senantiasa berkoordinasi kepada lembaga terkait lainnya. "Dengan begitu, setiap masalah dapat diantisipasi dan dicarikan solusinya untuk menghindari dugaan penyimpangan demi menjamin pelaksanaan pilkada  yang demokratis," ujar Zulkifli. ***2***
(T.KR-JKG/C/I. Arfa/I. Arfa) 18-05-2015 19:

Pewarta: Joko Gunawan

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015