Asahan, 28/1(Antarasumut) - Pendistribusian air bersih oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Titra Silau Piasa (TSP) Kabupaten Asahan kepada pelanggan terkendala pasokan listrik.

Direktur PDAM TSP Kisaran, Darwinsyah Harahap di Kisaran, Rabu, mengatakan pihaknya telah memasang sejumlah pipa dan jaringan baru serta pembangunan WTP.

Untuk mendistribusikan air kerumah-rumah pelanggan harus mengunakan arus listrik, namun listrik tidak terpenuhi.

"Persoalan utama kita adalah listrik, dan kemudian persoalan dengan pihak terkait, baik dari Provinsi maupun pusat," katanya.

Ia mengatakan bila kondisi ini terus berlarut, maka sejumlah alat dan pipa akan rusak, dan lebih parahnya lagi masyarakat Asahan tidak akan mendapat kebutuhan air bersih yang akibatnya secara otomatis pelanggan DPAM tidak bisa ditingkatkan.

Sementara itu, Bupati Asahan, Drs Taufan Gama Simatupang MAP dalam acara informasi laporan penyelenggaran pemerintah daerah (ILPPD) meminta dukungan kepada lembaga legislativ untuk dapat menyetujui usulan terkait pengadaan mesin genset dan persedian bahan bakar jenis solar.

Hal ini diminta, agar PDAM dapat mendistrubusiakn air bersih kepada masyarakat Asahan.

Kemudian, Taufan juga meminta kepada PDAM TSP untuk segera memisahkan sejumlah asset PDAM yang berada di Kabupaten Batubara, agar PDAM Asahan dapat beroperasi secara maksimal dan tidak menimbulkan persoalan terkait aset.

Pewarta: Indra Sikumbang

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015