Percut Seituan, 28/10 (Antarasumut) - Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air (GP3A) Bandar Sidoras Kanan Desa Cinta Damai, Deliserdang, dikunjungi dikunjungi tim penilai pusat untuk klarifikasi, karena merupakan salah satu nominasi terbaik nasional.

Kunjungan Tim penilai pusat, Selasa, dikoordinir Dr Ir Yanuar J Purwanto MS dari IPB, sebelum turun kepalapang, terlebih dahulu diterima Bupati Deliserdang Ashari Tambunan, di ruang rapat  Kantor bupati.

Bupati dalam kesempatan itu menyampaikan terimakasih dan bangga atas kunjungan tim penilai tingkat pusat untuk melihat langsung kinerja GP3A di daerah ini,  yang tentunya akan memberi motivasi bagi upaya peningkatan produksi pertanian .

Ia mengatakan Deliserdang memiliki 30.000 hektar lahan pertanian subur yang  komit terus dipertahankan,  mengingat lajunya  pertumbuhan industri maupun perkembangan Aerotropolis  di daerah ini terancam dengan alih fungsi lahan.

Ia juga mengakui meski Deliserdang memiliki lahan pertanian yang cukup luas dan subur,  masih mengalami kendala khususnya  pengadaan bendungan irigasi yang  memakan biaya cukup tinggi   dan perlu mendapat perhatian pemerintah pusat.

Sementara Dr Ir  Yanuar  Purwanto menjelaskan kedatangan mereka sekaligus memberi pembinaan kepada petani dan berharap  tidak  sekedar mencari  pemenang lomba,  tetapi bagaimana  upaya  menggerakkan peran  GP3A dalam  meningkatkan produksi pertanian.

Dengan  memberdayakan para   petani  dengan kelompok  atau  organisasi yang terkordinir serta  berorientasi   bisnis   dengan  menggerakkan   usaha –usaha produktif  seperti  Koperasi dan kios  penjualan saprodi, gilingan padi maupun perbengkelan .

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2014