Binjai, Sumut, 21/10 (Antara) - Pemerintah Kota Binjai, Sumatera Utara, memberikan bantuan berupa mesin pencacah sampah dan sepeda motor pengangkut sampah kepada berbagai kelompok masyarakat yang peduli untuk menanggulangi sampah perkotaan.
"Kita berikan bantuan mesin pencacah sampah," kata Wali Kota Binjai Muhammad Idaham, di Binjai, Selasa.
Bantuan mesin pencacah sampah ini berasal dari Badan Lingkungan Hidup (BLH) untuk menanggulangi sampah perkotaan sekaligus untuk meningkatkan pendapatan kelompok dari hasil pemamfaatan sampah, setelah diolah menjadi pupuk organik, katanya.
Mesin pencacah sampah yang diberikan untuk nonorganik dan organik diberikan kepada kelompok bank sampah Maju Mandiri, bank sampah Citra Alam Lestari, bank sampah Subur Maju, dan bank sampah Satu Hati.
Idaham berharap melalui bantuan ini akan meningkatkan kebersihan kota Binjai sekaligus memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat.
Dia juga menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah ikut berperan untuk mengatasi masalah sampah lingkungan perkotaan yang ada di daerah itu.
Secara terpisah Ketua Yayasan Budha Tzu-Chi Indonesia Cabang Medan Mujianto mengucapkan terimakasih atas bantuan ini, karena akan memberikan konstribusi besar buat mengatasi problem sampah yang ada.
Dirinya juga menawarkan kerjasama apabila ada bank sampah ingin belajar tentang cara mengolah sampah, pihaknya siap membantu.***3***
(T.KR-IFZ/C/Kaswir/Kaswir)

Pewarta: Imam Fauzi

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2014