Binjai, Sumut,  (Antara) - Wali kota Binjai, Sumatera Utara, melepas 297 jemaah calon haji asal kota rambutan itu menuju pemondokan asrama haji Medan, yang akan berangkat dalam kelompok terbang (kloter) 15.

"Kita berangkatkan 297 jamaah calon haji Kota Binjai," kata Wali Kota Binjai, Muhammad Idaham, di Binjai, Rabu.

Atas nama pemerintah dan seluruh masyarakat Kota Binjai selamat menunaikan ibadah haji, selamat sampai tujuan dan berharap seluruh calon jamaah haji menjadi duta daerah itu, sekaligus berharap dapat mendoakan Binjai tetap mendapat perlindungan dari Allah, katanya.

Idaham menyampaikan, berdasarkan informasi yang diterima, tahun ini adalah tahun terpanas di Mekkah dan Madinah, dimana suhunya mencapai 56 derajat celcius.

Kepada seluruh calon haji untuk dapat menjaga kesehatan, menjaga kebersamaan dan harus saling tolong-menolong, karena sudah pasti akan mengalami perubahan cuaca dan iklim disana.

Untuk itulah, dia berpesan dalam menjalankan ibadah haji sangat dibutuhkan stamina yang kuat, agar dapat menjalani seluruh rukun yang harus dikerjakan.

Wali kota juga menyampaikan Pemkot Binjai akan menanggung biaya makan siang selama 14 hari di Mekkah serta menyediakan obat-obatan yang telah dititipkan melalui tenaga medis.

Idaham juga bersedekah menyediakan bus untuk seluruh jamaah calon haji kota itu untuk memudahkan berziarah di Mekkah dan Madinah, semoga bermanfaat, melalui Wakil Walikota yang juga ikut dalam rombongan jamaah.

Secara terpisah Kepala Seksi Urusan Haji dan Umroh Kementrian Agama Kota Binjai Haji Zulham mengatakan, jamaah calon hajinya tergabung dalam kloter 15 yang berjumlah 440 orang, berasal dari Kota Binjai 297 orang, Tanjung Balai 83 orang dan Kota Medan 53 orang.

Jadwal keberangkatan kloter 15 pada Kamis (18/9) pukul 16.30 WIB dari embarkasi Kuala Namu International Airport(KNIA), dan dijadwalkan kembali Senin (27/10) pukul 07.50 WIB. ***3***
(T.KR-IFZ/B/F.C. Kuen/F.C. Kuen)

Pewarta: Imam Fauzi

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2014