Medan,  (Antara) - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara memfasilitasi pembangunan terminal di Dolok Sanggul, Kabupaten Humbang Hasundutan, untuk mempermudah pengawasan terhadap angkutan umum.

Dalam nota jawaban gubernur tentang RAPBD 2015 yang disampaikan dalam rapat paripurna DPRD Sumut di Medan, Rabu, Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho mengatakan pihaknya memberikan dukungan penuh terhadap rencana pembangunan terminal tersebut.

Karena itu, Pemprov Sumut memfasilitasi pembahasan usulan tersebut di kantor Dinas Perhubungan Sumut pada 25 September 2013 dengan melibatkan seluruh unsur terkait dari tingkat provinsi hingga jajaran Pemkab Humbang Hasundutan.

Selain mempermudah pengawasan terhadap angkutan umum, keberadaan terminal itu juga menunjang kemudahan untuk menaikkan dan menurunkan pengguna angkutan umum.

Berdasarkan hasil koordinasi seluruh pemangku kepentingan terkait, termasuk menyesuaikan dengan Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) Provinsi Sumut dan Kabupaten Humbang Hasundutan, terminal yang akan dibangun itu disarankan berupa tipe B.

Saran tipe terminal yang akan dibangun dengan dana bersumber APBD pemprov Sumut tahun 2015 tersebut juga sesuai dengan surat Bupati Humbang Hasundutan tertanggal 14 Juli 2014.

Karena itu, Pemprov Sumut akan melakukan evaluasi lebih untuk mengupayakan pengalokasian anggaran pembangunan terminal tersebut dalam APBD 2015.

Apalagi surat dari Bupati Humbang Hasundutan tersebut dilengkapi dengan dokumen hasil studi pembangunan terminal dan informasi pembebasan lahan seluas 31.555,81 meter persegi. ***3***
(T.I023/B/I. Sulistyo/I. Sulistyo)

Pewarta: Irwan Arfa

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2014