Medan, 15/7 (Antara) - Perkembangan koperasi di Sumatera Utara cukup bagus mencapai sekitar 11.800 unit ditambah 2.500 usaha kecil dan menengah, kata Gubernur Sumut H Gatot Pujo Nugroho di Medan, Selasa.

"Meski bertumbuh, kami dari pemerintah provinsi menyadari masih harus diikuti penambahan anggota dan kualitasnya," katanya pada acara puncak Hari Koperasi ke-67 yang dihadiri Presiden H Susilo Bambang Yudhoyono.

Mengacu pada visi Pemprov Sumut 2013-2018 yaitu menjadi provinsi yang berdaya saing menuju Sumut sejahtera, maka koperasi dinilai perlu terus dikembangkan sejalan dengan sektor lainnya.

Gatot menegaskan, dewasa ini dengan jumlah penduduk sebesar 13.042.317 jiwa yang tersebar di 25 kabupaten dan 8 kota, Sumut dikenal juga sebagai "negeri berbilang kaum".

Sumut merupakan miniaturnya Indonesia karena masyarakatnya heterogen terdiri dari 8 etnis asli dan 8 sub etnis serta ditambah hampir seluruh etnis di Nusantara, termasuk beberapa keturunan etnis
pendatang.

"Dengan kondisi itu, Sumut dewasa ini menjadi salah satu tujuan utama investasi dari berbagai negara yang sangat menjanjikan dan memiliki peluang dan potensi sumber daya alam yang besar," katanya.

Dia menegaskan, keberpihakan terhada UKM dan koperasi bisa dibuktikan dengan sudah terbentuknya lembaga penjamin kredit daerah yang berfungsi menjamin kredit koperasi dan usaha mikro, kecil dan menengah.

Untuk menumbuhan wirausahawan baru, katanya, telah diadakan program terobosan melalui kerja sama dengan perguruan tinggi seperti universitas di daerah itu.

Jumlah wirausahawan baru yang muncul yakni 187.966 UMKM dengan menyerap 274.812 tenaga kerja, yang patut disyukuri karena terjadi di tengah tekanan ekonomi dunia dan regional yang cenderung lesu.

Semakin menggembirakan, karena usaha itu juga dipercaya perbankan dengan serapan dana kredit sebesar Rp37,5 triliun.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyebutkan, gubernur/wali kota/bupati harus pro koperasi dan UMKM.

"Pemerintah daerah harus membina dan mengasuh koperasi dan UMKM sehingga perekonomian semakin pesat dan kemakmuran dinikmati semua kalangan," katanya. ***2***
(T.E016/B/T. Susilo/T. Susilo)

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2014