Doloksanggul, Sumut, 25/6 (Antara) - Pemkab Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara berhasil menyiapkan tiga hektare lahan untuk pembangunan terminal tipe A di Kecamatan Doloksanggul, sehingga kenderaan umum yang melintas tidak perlu lagi melalui pusat kota.

"Saat ini pemerintah daerah sedang berkonsentrasi untuk membangun terminal tipe A dan gedung pengujian kendaraan bermotor seluas tiga hektare di Kecamatan Doloksanggul," kata Sekdakab Humbahas, Saul Situmorang di Doloksanggul, Rabu.

Pemkab Humbahas, kata dia, masih sangat membutuhkan bantuan Dana Bantuan Bawahan (DBD) dari Provinsi Sumatera Utara, sebab masih banyak yang perlu dibenahi untuk merealisasikan pembangunan terminal dimaksud.

Pembenahan yang akan dilakukan termasuk rencana penyerahan jalan "ring road" menjadi jalan negara menggantikan jalan yang menghubungkan Doloksanggul-Simangaronsang tanpa melalui pusat kota.

Saul meminta agar anggota DPRD Sumut daerah pemilihan 8 yang sedang melaksanakan kunjungan kerja ke daerah tersebut berkenan memberikan perhatian khusus untuk realisasi program itu, karena sangat dibutuhkan oleh masyarakat setempat.

Ia menjelaskan, dana bantuan bawahan dari Provinsi yang terealisasi hingga saat ini sebesar Rp44.055.453.600.- dan mengalami sisa lebih penggunaan anggaran (Silpa) sebesar Rp407 juta.

"Silpa tersebut terjadi karena pembayaran yang disesuaikan dengan kontrak terhadap pihak ketiga," katanya.

Sementara itu, Bupati Humbahas, Maddin Sihombing menambahkan, saat ini pemerintah daerah setempat sedang melakukan koordinasi dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) untuk menerbitkan sertifikat tanah.

Menurutnya, hingga kini masih ada ratusan persil tanah yang sudah diajukan belum dapat disertifikatkan karena terkendala terbitnya SK-44 tahun sebelumnya.

"Masalah pelepasan tanah dan permasalahan tanah lainnya tidak menjadi kendala dalam pembangunan di Kabupaten Humbahas," kata Maddin.

Anggota DPRD Sumut, Biller Pasaribu dalam kunjungan kerjanya ke daerah tersebut menyampaikan apresiasi atas usaha-usaha yang dilakukan pihak Pemkab Humbahas untuk pembangunan terminal yang sampai saat ini belum terealisasi.

Ia juga mengajak seluruh anggota dewan yang hadir dalam kunjungan kerja tersebut untuk membuka hati dan pemikiran dalam membantu Kabupaten Humbahas sesuai tupoksi masing masing di DPRD Sumut.

"Kami menyampaikan apresiasi atas usaha-usaha yang dilakukan Bupati Humbahas untuk merealisasikan pembangunan terminal dimaksud," kata Biller. ***3***
(KR-HIN)

(T.KR-HIN/B/Suparmono/Suparmono)

Pewarta: H Imran Napitupulu

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2014