Lubuk Pakam, 10/6 (Antara) - Desa Tumpatan di Kecamatan Beringin, Kabupaten Deliserdang, masuk nominasi sebagai salah satu desa terbaik di tingkat nasional, karena keberhasilannya mengembangkan usaha dan ekonomi masyarakat.

Masuknya Desa Tumpatan, Kecamatan Beringin sebagai nominasi terbaik nasional diketahui setelah tim penilai desa dan kelurahan tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2014 melakukan peninjauan ke desa tersebut, Selasa.

Tim penilai yang dipimpin Boby Darmansyah dalam peninjauan tersebut mengatakan kedatangan tim untuk menilai secara objektif tentang keadaan desa, juga bertatap muka langsung dengan metode tanya jawab kepada aparat desa dan kader-kader desa.

"Yang menjadi fokus penilaian tim diantaranya bagaimana Kepala Desa Tumpatan dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya serta tanggung jawab terhadap desa," ujar Boby.

Selain itu, bagaimana upaya yang dilakukan desa tersebut dalam mengembangkan usaha dan ekonomi masyarakat, termasuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang apa yang menjadi hak dan kewajiban mereka.

Sementara itu, Wakil Bupati Deliserdang Zainuddin Mars dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa Desa Tumpatan adalah desa yang sangat dekat dengan Bandara Internasional Kuala Namu.

"Desa Tumpatan menjadi salah satu jalur utama jalan menuju bandara yang menjadi salah satu Bandara Kuala Namu," ujarnya.

Jadi, lanjut dia, keberadaan desa tersebut sudah sangat bisa diperhitungkan untuk menjadi sebagai juara serta bisa menjadi salah satu contoh kepada desa-desa yang lain.

Desa Tumpatan ini juga salah satu desa yang menggalakkan Gerakan Deli Serdang Membangun (GDSM) dengan semangat dan kebersamaan dalam menggalakkan semangat gotong royong.

"Terbukti sebagai salah satu contoh dengan penataan desa, penataan taman serta pembangunan Kantor Kepala Desa yang berlantai dua," katanya. (KR-JRD)

Pewarta: Juraidi

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2014